Wow! LIMA rencanakan ajang ‘Champions League Asia’ antar kampus

Wow! LIMA rencanakan ajang ‘Champions League Asia’ antar kampus

Oleh: Ardi Wirdana

Setelah berhasil menggelar kompetisi antar kampus di Indonesia secara konsisten selama enam tahun terakhir, LIMA berencana mengadakan ajang serupa di tingkat Asia.

“Kita sedang mempersiapkan kompetisi regional se Asia. Seperti Asian Champions League buat kampus,” terang CEO LIMA, Ryan Gozali kepada Futsal Zone Indonesia.

Menurut Ryan, pihaknya sudah memulai pembicaraan mengenai rencana ini dengan beberapa partner dari negara lain sejak tiga tahun lalu. Akan tetapi realisasinya akan membutuhkan waktu paling tidak dua tahun dari sekarang.

Kompetisi ini akan memberi kesempatan kampus-kampus terbaik di Indonesia beradu kemampuan dengan talenta perguruan tinggi dari negara Asia lainnya untuk menjadi kampus nomor satu se-Asia. Untuk futsal, kemungkinan dua atau tiga tim kampus terbaik dari kompetisi LIMA dalam negeri akan lolos ke ajang tingkat Asia tersebut.

Majukan Futsal Tingkat Universitas

Di Indonesia, kompetisi LIMA futsal sendiri telah berjalan selama lima tahun terakhir dan telah berjasa mengembangkan olahraga futsal di tingkat universitas.

Ryan mengatakan, sejak LIMA Futsal di mulai pada tahun 2013, level kualitas futsal di tingkat universitas semakin meningkat. Adanya kompetisi yang digelar setiap tahun secara konsisten mendorong kampus-kampus untuk lebih serius memperhatikan olahraga tersebut.

“Sejak ada liga yang konsisten, kampus-kampus melihat potensi dari kompetisi olah raga dan mereka invest dalam bentuk beasiswa, infrastruktur, bangun tim yang lebih baik, mendatangkan pelatih yang lebih baik.  Karena itu bisa bawa dampak positif buat kampusnya, bahkan marketing buat kampusnya,” imbuhnya.

Inisiatif ini membuat kemampuan tim-tim kampus di Indonesia semakin merata. Prestasi futsal yang dulu kebanyakan diraih oleh kampus-kampus IKIP berjurusan olahraga, kini mulai disaingi oleh perguruan tinggi umum.

Selain itu, tim kampus dari luar Jakarta pun kini mulai menunujukkan kelasnya setelah sekian lama kompetisi futsal nasional didominasi oleh kampus-kampus di Jakarta dan sekitarnya.

“Kampus Jakarta bisa bagus karena talenta mereka dari seluruh Indonesia, pemain-pemain mau pindah ke Jakarta. Kalau tim-tim kampus di daerah itu kuat, disupport dengan program, budget untuk olahraga dan lain lain, mereka jadi gak perlu pindah ke Jakarta,” terang Ryan.

Lahirkan Pemain Timnas

Untuk tahun ini, LIMA sudah memulai kompetiti Bola Basketnya awal bulan ini dan sedang bersiap untuk menggelar cabang-cabang lainnya, termasuk cabang futsal, yang tahun lalu dijuarai oleh UIN Jakarta (putra) dan UPI Bandung (putri).

Ryan berharap terus menjadi platform yang bisa melahirkan pemain-pemain terbaik yang bisa memperkuat timnas Indonesia. Di futsal, salah satu pemain timnas yang lahir dari ajang LIMA adalah Subhan Faidasa yang memperkuat STIE Universitas Bandung.

Tapi lebih penting lagi, Ryan berharap LIMA bisa terus menjadi platform yang bisa membantu menyalurkan bakat anak-anak muda Indonesia tanpa mengesampingkan pendidikan.

“Saya mencipatakan LIMA karena ingin mencipatakan platform baru yang konsisten dan focus ke pembinaan, dan juga memberikan opsi bagi pemain dari SMA untuk melanjutkan passion sebelum level pro. Kita ingin membuat opsi untuk mengikuti passion di futsal tanpa harus mengorbankan edukasi,” pungkasnya.

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Tiga Hal yang Membuat Ardi Runtuboy Tepat untuk Black Steel
Ardiansyah Runtuboy resmi memperkuat Black Steel pada Pro Futsal League (PFL) 2016. Ardi, sapaan akrabnya...
Rekrut Tanpa Seleksi Jadi Kunci Sukses IPC Pelindo Musim Ini?
Oleh: Ardi Wirdana “Chemistry is more important than talent”. Tentu pendapat ini bisa diperdebatkan...
Review LIFUMA: Kalah Kualitas, UI Dihempaskan ABFII Perbanas
ABFII Perbanas terus memperlihatkan permainan yang impresif. Dari empat laga yang sudah dilakoninya,...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password