KOLOM : Julinur Hafid, Sepakbola? Futsal?

KOLOM : Julinur Hafid, Sepakbola? Futsal?

Julinur Hafid yang kini bermain untuk FC Libido akan menceritakan pengalamannya dulu mulai dari awal bermain sepakbola hingga sekarang menjadi pemain futsal professional bahkan pernah membela tim Nasional Indonesia. Berikut disimak tulisan dari Ucok dengan sapaan akrabnya :

IMG-20150908-WA0005

Aksi Julinur ‘Ucok’ Hafid di Gato National Futsal Championship Agustus lalu. Foto : Futsalzone_ID

Sepakbola konvensional dan futsal memiliki beberapa/banyak perbedaan. Mulai dari besar lapangan yang berbeda, jenis lapangannya, jumlah pemain, dan banyak peraturan-peraturan yang berbeda. Sepakbola dimainkan oleh 11 pemain setiap timnya dilapangan, sedangkan futsal hanya dimainkan oleh 5 pemain setiap tim.

Lapangan futsal sendiri lebih kecil dibandingkan dengan lapangan sepakbola konvensional. jenis lapangan sepakbola menggunakan rumput, sedangkan futsal bermacam-macam, ada yang menggunakan interlok, karet, atau parkit.

Dari segi teknik mungkin tidak jauh berbeda antara sepakbola dan futsal. Terdapat passing, controlling, dribbling, shooting. Namun, di futsal dalam teknik controlling disarankan atau dianjurkan atau bahkan dituntut untuk menggunakan sol, agar bola tetap dalam penguasaan dan dapat cepat dikendalikan. Karena, ukuran lapang yang lebih kecil, kita dituntut untuk berpikir lebih cepat dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, harus meminimalisir kesalahan ketika bermain.

Kebanyakan pemain futsal di Indonesia, dulunya adalah pemain sepakbola konvensional. Dibutuhkan adaptasi kembali dari bermain sepakbola ke futsal. Seperti yang tadi dibahas, dari segi controlling pun berbeda. Dan juga pergerakan dalam bermain futsal yang dituntut lebih mobile.

Dulu, saya sebelum menjadi pemain futsal adalah pemain sepakbola. Saya sempat masuk tim Persib U-15 dan Pro Duta U-18. Ketika lulus SMA, teman saya, Panca Pauji (kini sebagai pelatih PON Jawa Barat), mengajak untuk bergabung ke tim Futsal 35. Saya pun masih canggung dalam bermain futsal ketika itu.

Namun pada saat dilatih oleh Bonsu Hasibuan, dan seiring berjalannya waktu saya menjadi agak sedikit mengerti tentang bagaimana cara bermain futsal yang benar. Setelah itu, saya dan Futsal 35 memiliki prestasi yang cukup membanggakan dikancah perfutsalan amatir di Indonesia.

 

Adom, ketika membela FC Libido

Adom, ketika membela FC Libido

Di Indonesia, terdapat beberapa pemain yang dulunya adalah pemain sepakbola konvensional, kemudian memutuskan untuk beralih menjadi pemain futsal. Salah satunya yang berhasil adalah Andriyansyah Agustin (Adom). Mantan kapten FC Libido itu, dulunya merupakan seorang pemain Persigar Garut dan beberapa tim lain di Indonesia sebelum akhirnya beralih menjadi pemain futsal dan menjadi punggawa timnas futsal Indonesia sampai saat ini.

“Terkadang menjadi pemain futsal merupakan pelarian dari sepakbola. Ketika gagal berprestasi dalam sepakbola, ia baru beralih menjadi pemain futsal. Namun hanya sebagian saja yang kemudian bisa beradaptasi dan berhasil ketika menggeluti dunia futsal. Yang mau bekerja keras dan memiliki kemauan yang kuat, insya Allah prestasi akan berjalan beriringan“Julinur Hafid (27 tahun).

Baca juga:
Inilah Pembagian Grup dan Jadwal Piala AFF Futsal 2015
2 hari lagi AFF Futsal Championship 2015 akan dimulai. Turnamen se ASEAN tersebut akan digelar di Bangkok...
Buat Kalian Yang Sering Bermain Futsal Di Rumput Sintetis Ternyata Bisa Menyebabkan Kanker Lho!
Sebagian besar pemain futsal tentu tidak asing lagi dengan lapangan sintetis atau rumput buatan, dan...
Ranking Futsal Indonesia Menurun
Ranking futsal Indonesia kali ini harus puas turun ke peringkat 50. Pada sebelumnya, Indonesia sempat...
Inilah Skuat Antam Kutim All Star yang Akan Berlaga di Mini Tournament Futsal Indonesia 2015
Pihak management FC Libido dan FC Pingdus selaku penyelenggara Kompetisi Mini Tournament Futsal telah...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password