Tips Tidak Mudah Lelah Saat Futsal

Tips Tidak Mudah Lelah Saat Futsal

Kita semua tentunya pernah mengalami rasa lelah saat bermain futsal. Kelelahan saat bermain futsal menjadi hal yang cukup menyebalkan karena membuat performa menjadi turun drastis. Berikut ini Futsal Zone paparkan tips agar tidak cepat lelah saat bermain futsal.

1. Cukup Istirahat

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab kelelahan yang paling sering dirasakan. Istirahat adalah waktu bagi sel-sel tubuh untuk beregenerasi dan pemulihan kembali tenaga untuk beraktifitas. Sehingga dengan pola istirahat yang cukup. Tubuh akan mampu untuk beraktifitas dengan intensitas tinggi.

2. Cukup Makan

Makan terlalu sedikit akan membuat tubuh lebih mudah lemas dan mudah kelelahan. Konsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat untuk meningkatkan energi untuk bermain futsal. Hindari makan dengan waktu terlalu dekat sebelum futsal karena dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Hindari pula makan terlalu banyak yang akan menyebabkan obesitas karena tubuh akan sulit digerakkan.

3. Hindari Mengkonsumsi Terlalu Banyak Kafein dan Nikotin

Mengkonsumsi kafein dengan batas wajar dapat meningkatkan konsentrasi. Tetapi jika kadar kafein terlalu banyak dalam tubuh, dampaknya akan meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, bahkan kejang. Terlalu banyak kafein juga dapat membuat kamu lebih cepat terengah-engah saat futsal.  Sedangkan terlalu banyak nikotin akan menurunkan toleransi tubuh untuk berolah raga sehingga tubuh lebih cepat lelah.

4. Cukup Minum

Tubuh akan lebih mudah kelelahan jika kamu dehidrasi. Konsumsi air sesuai kebutuhan agar terhindar dari dehidrasi untuk meningkatkan stamina sehingga tidak mudah lelah saat bermain futsal. Tapi, hindari mengonsumsi terlalu banyak air saat bermain futsal agar perut tidak kembung dan membuat tubuh terasa lebih berat untuk digerakkan.

5. Sering Berlatih

Sering berlatih akan meningkatkan ketahanan fisik. Semakin sering kamu berlatih, maka tubuh, terutama otot dan paru-paru akan semakin terbiasa dan tidak mudah lelah saat futsal.

6. Pemanasan

Pemanasan bertujuan untuk menyiapkan tubuh terutama otot untuk pergerakan intensitas tinggi. Sehingga dengan otot yang lentur, maka otot akan terhindar dari rasa kaku ataupun kaget yang akan mengakibatkan cedera dan rasa cepat lelah. Hindari pemanasan berlebihan karena kamu akan merasa lelah sebelum futsal dimulai.

7. Atur nafas

Futsal adalah olahraga dengan kapasitas cukup tinggi. Saat bermain futsal, sebagian besar tubuh akan membutuhkan oksigen, sehingga paru-paru bekerja lebih keras untuk menyerap oksigen. Dengan pola pernafasan yang efisien, maka penyerapan oksigen kedalam tubuh akan lebih efektif. Dampaknya daya tahan tubuh akan menjadi lebih baik.

Levina Maharani

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Ini Hal Yang Dapat Menaikkan Pamor Futsal
Oleh: Fajar Aprilian Futsal? Apa itu futsal? Sebagian orang awam pasti hanya tahu bahwa futsal merupakan...
4 Tips Menjaga Kesehatan Saat Libur Lebaran
Bulan Ramadhan telah memasuki minggu terakhir, itu artinya sebentar lagi bagi umat muslim akan dipertemukan...
7 Mitos Ini Sering Kita Temui di Dunia Futsal
Fenomena mitos di Indonesia tak hanya terjadi di lingkungan sehari-hari. Juga tak melulu berkaitan erat...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password