Timnas Futsal Indonesia : Antara Pesimis dan Kejutan

Timnas Futsal Indonesia : Antara Pesimis dan Kejutan

Oleh : Bayu Qolyubi

AFF Futsal Championship 2018 tinggal menghitung beberapa hari lagi. Tentunya juga Indonesia akan menjadi tuan rumah yang akan digelar Yogyakarta pada 5 November mendatang.

Lalu, bagaimana peluang juara Bambang Bayu Saptaji dan koleganya pada gelaran AFF futsal tahun ini? Sebelum mengupas lebih dalam, kita akan membahas dari segi persiapan skuat asuhan Kensuke Takahashi.

Ya, sudah kita ketahui, Pelatih asal Jepang itu sudah menentukan 16 pemain terbaiknya yang akan diboyong ke Yogyakarta. Dari beberapa pemain yang dibawa, banyak beberapa pemain baru dan juga pemain wajah lama.

Sebut saja BBS dan Andri Kustiawan yang merupakan langganan pemain Timnas Futsal Indonesia. Begitu juga Fhandy Permana yang sempat lama tidak dipanggil kembali membuktikan kualitasnya bahwa dirinya bisa bersaing untuk bergabung dengan 16 pemain lainnya.

Timnas Futsal Indonesia sendiri berada di grup A tergabung bersama Kamboja, Myanmar, dan Malaysia. Mungkin publik  dapat memprediksi bagaimana peluang Timnas Futsal Indonesia untuk lolos ke babak semifinal.

Coba kita telusuri bagaimana peta kekuatan para pesaing penghuni grup A? Mari kita kupas tuntas dibawah ini :

Kamboja

Ya, Kamboja mungkin bisa dikatakan sebagai tim paling lemah di grup A. Tidak dapat dipungkiri, pertemuan mereka dengan Indonesia memiliki tren buruk. Terakhir, Timnas Futsal Kamboja digilas Syahidansyah Lubis dkk dengan skor 19-1 pada AFF Futsal Championship 2016 lalu.

Myanmar

Kemudian kita menilik kekuatan Timnas Futsal Myanmar. Myanmar sendiri akan menjadi ancaman besar bagi Timnas Futsal Indonesia.

Kendati demikian, Timnas futsal Indonesia sudah tumbang dua kali ditangan Myanmar pada AFF Futsal Championship pada 2016 dan 2017. Hal ini menunjukkan persaingan AFF futsal di ASEAN semakin ketat.

Myanmar juga sempat merasakan debut perdananya di ajang kompetisi futsal terbesar di Asia yakni, AFC Futsal Championship 2018 pada Februari lalu, di Cina Taipei. Mereka telah memetik pelajaran dari raksasa Asia seperti Iran, Iraq, dan Cina.

Malaysia

Terakhir, pesaing terbesar grup A yakni, Malaysia. Harus kita akui, perkembangan Timnas futsal Malaysia kian pesat. Itu tidak lepas dari tangan dingin pelatih mereka, Chiew Chun Yong.

Pada pertemuan AFF futsal Championship 2016, Malaysia sukses menundukkan Indonesia dengan skor 6-5. Kala itu, Indonesia dibesut oleh Andri Irawan.

Jelang AFF Futsal Championship, persiapan Timnas Futsal Malaysia sendiri tidak main-main. Mereka baru saja menyelesaikan ajang mini turnamen di Thailand. Bertajuk “PTT Thailand Five 2018”, Malaysia bertemu dengan Uzbekistan, Inggris, dan tuan rumah Thailand.

Dari hasil tiga pertandingan, Malaysia meraih hasil minor. Pasca mengikuti mini turnamen di Thailand, tentu dan pastinya pelatih Chiew Chun Yong akan mengevaluasi timnya jelang AFF futsal 2018.

Sedangkan untuk persiapan tuan rumah sendiri, Indonesia hanya melakukan ujicoba dengan klub-klub lokal. Sebut saja seperti SKN Kebumen dan Vamos Mataram.

Sesungguhnya, ujicoba ini masih belum menjadi tolak ukur Timnas Futsal Indonesia. Ini sangat disayangkan untuk Indonesia yang merupakan  tuan rumah dan dicanangkan dengan target tinggi untuk menjuarai event terbesar se-Asean.

Vic Hermans, yang merupakan mantan pelatih timnas futsal Indonesia sempat mengeluhkan persiapan timnya kala di AFF Futsal tahun lalu. Dilansir dari bola.com, selama masa persiapan menuju Piala AFF, Timnas futsal Indonesia tidak sekalipun menghadapi timnas negara lain.

Satu uji coba Internasional yang dilakukan Timnas Futsal Indonesia hanya dengan klub futsal asal Malaysia, Kuantan Rangers dan itu pun masih kelas klub, bukan timnas. Hasilnya? Timnas Futsal Indonesia gagal melaju ke semifinal di AFF Futsal 2017.

Kita berharap Indonesia bisa melaju tinggi dan berbicara banyak di AFF Futsal tahun ini. Sebab, sudah dua tahun belakangan ini Timnas Futsal Indonesia dirasa sulit untuk tembus ke semifinal.

Sebagai tuan rumah, tentu Ardiansyah Runtuboy cs akan mendapatkan suntikan besar. Mereka akan tampil dihadapan pendukungnya sendiri.

Peluang itu tentu ada, mungkin inilah moment kita sebagai tuan rumah akan menjadi momok yang menakutkan bagi tim tamu yang datang ke Indonesia.

Terakhir, lolos ke semifinal merupakan target mutlak terlebih dahulu. Kita sudah mengetahuinya pengalaman 2 tahun sebelumnya.

 

Foto : Vietnamnet

 

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Batu Sandungan Itu Bernama Malaysia
Oleh : Harri Fajri Timnas Futsal Indonesia harus kembali tersandung oleh malaysia, setelah sebelumnya...
Wajah Baru Timnas Futsal Indonesia
Selepas Sanksi FIFA, Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia resmi membentuk tim setelah melewati beberapa...
Vamos di AFC 2017: Kurang Adaptasi atau Masalah Mental?
Oleh Alhimni Rusdi Perjalanan Vamos Mataram di AFC Futsal Club Championship 2017 diakhiri dengan kemenangan....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password