Tim Garage Futsal Female buktikan keterbatan fisik bukan hambatan untuk berprestasi

Tim Garage Futsal Female buktikan keterbatan fisik bukan hambatan untuk berprestasi

Oleh: Hasbi

Futsal bukan merupakan olahraga yang hanya bertujuan untuk mendapatkan kemenangan, ataupun trofi, tapi futsal juga bisa memerikan manfaat besar lainnya, seperti bersilaturahmi dengan sahabat lama, menjaga kondisi juga dan  menyebarluaskan pesan moral dan sosial.

Salah satu contoh perpaduan moral dan prestasi dalam futsal datang dari sebuah team futsal putri tuli yang bermarkas di daerah Cendrawasih, Jakarta Barat, bernama Garage Futsal Female.

Tim yang dilatih oleh Coach Otto Rimba ini awalnya terbentuk ketika ada informasi Turnamen Futsal Putri Tuli antar Club Nasional dari ibu Marsitoh (mantan wakil ketua Dewan Pengurus Cabang Gerkatin Jakarta Barat). Saat itu pula team ini mendapatkan undangan dari Bapak Kumala selaku ketua pengurus bidang Keolahragaan dari Dewan Pengurus Pusat Gertakin sekaligus Ketua Pusat FFTI (Federasi Futsal Tuli Indonesia).

Keistimewaan dari tim futsal Putri tuli ini merupakan kondisi para pemainnya yang seluruhnya menyandang disabilitas tuli, membuat mereka tidak mampu mendengar atau pun berbicara.

Melihat tim unik ini, banyak pertanyaan yang muncul mengenai bagaimana cara pelatih dan pemain bisa berkoordinasi dan berkomunikasi saat bermain ditengah keterbatasan fisik mereka.

Coach Otto, yang juga mengalami setengah tuli, menjelaskan bahwa ia harus pintar menyisiati kendala-kendala komunikasi agar permainan dalam latihan dan pertandingan dapat berjalan dengan lancar.

“Kesulitan dalam melatih pasti ada yaitu masalah komunkasi yang sering terjadi misskom, karena saya mengalami setengah Tuli harus bisa berbahasa isyarat, apalagi rata – rata budaya tuli itu harus berkomunikasi dengan isyarat,” ucap Coach Otto, yang menyandang Lisensi Level 1 Futsal Nasional.

“Pemahaman futsal Tim Putri Tuli waktu itu masih kurang apalagi filosofi tentang futsal tidak ada yang tahu, maka dari itu saya mencari jalan keluar agar intruksi saya bisa di implementasikan oleh team, akhirnya saya mencoba pakai kertas besar dan kasih tulisan semacam gambar metode, kemudian mereka memamahi nya,” Ucap Coach Otto.

Kerja keras coach Otto pun berhasil mengantarkan tim ini berprestasi. Garage Futsal Female ini menjadi klub pertama yang menjadi Juara 1 turnamen Futsal Putri Tuli antar Klub Nasional di daerah Pasar Minggu pada bulan November 2018 silam. Tak hanya itu, pemain yang bernama Anggita menjadi topskor di kompetisi tersebut.

Lebih hebatnya lagi, hampir semua pemain Garage Futsal Female terpanggil untuk menjadi pemain Tim Nasional Tuli Indonesia. Pemain-pemain tersebut adalah Anggita (ala), Zahrah (ala), Intan (ala), Sophie (kiper), Bening (kiper), Dina (anchor) dan Nathalia (anchor).

Kegigihan, kedisiplinan dan semnagat berjuang telah di tunjukkan oleh team ini. Pencapaian mereka meunujukkan keseriusan mereka dan membuktikkan bahwa keterbatasan fisik tidak menjadi hambatan bagi pemain untuk bermain futsal.

Ini menjadi motivasi untuk masyarakat pada umumnya untuk tidak mengeluh dalam menggapai prestasi. Tim Garage Futsal Female menunjukkan bawa semangat dan niat yang positif dapat menaklukkan segala kekurangan dalam menggapai semua cita – cita.

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Ini Hal Yang Dapat Menaikkan Pamor Futsal
Oleh: Fajar Aprilian Futsal? Apa itu futsal? Sebagian orang awam pasti hanya tahu bahwa futsal merupakan...
Harapan Besar Donzol untuk Tim Daerah
Futsal di Indonesia semakin banyak penggemar, kompetisi demi kompetisi banyak digelar dari level amatir...
Duet Kalbe dan FFI Wujudkan Target Timnas Futsal Menjadi 4 Besar Asia
PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui produk Hydro Coco berkolaborasi dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI)...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password