Tiga Tipe Pemain Flank Menurut Futsal Zone Indonesia

Tiga Tipe Pemain Flank Menurut Futsal Zone Indonesia

Oleh: Hasbi  

Setiap pemain Futsal memiliki gaya bermain berbeda-beda, termasuk flank. Maka dari itu futsalzone akan mereview  3 tipe pemain Flank.

  1. Pemain yang taktis

Pemain taktis pada posisi flank merupakan pemain yang mempunyai visi dan misi bermain yang simple, dalam artian pemain tipikal ini sangat cerdik dalam menjalankan set play dengan baik. Pemain taktis ini mengandalkan team work di dalam lapang, tidak hanya  mengandalkan skill individu. Di Indonesia sendiri, pemain flank dengan tipe taktis ini misalnya Iqbal iskandar. Meski memiliki skill individu baik, Iqbal sering bermain dengan efektif, simple dan dinamis. Tentu cara bermain taktis ini diharuskan mempunyai basic yang berkualitas dari mulai passing, control dan pergerakan dalam mencari ruang. Tipe pemain ini sangat cocok apabila seorang pelatih menggunakan skema 1-2-1 menjadi 2-2 , dengan 1 atau sampai 2 sentuhan, sehingga tipikal flank seperti ini bisa membuat goal indah dengan kerjasama team, seperti goal tiang kedua.

  1. Pemain Haus Goal

Pemain flank haus goal merupakan tipe pemain yang memiliki tendangan keras dan instinc mencetak goal yang kuat. Tipe pemain ini biasanya memiliki ambisi yang besar dalam mencetak goal. Pemain flank tipe seperti ini sangat diandalkan untuk service bola mati, karena biasanya tipe pemain seperti ini ditunjang memiliki tendangan yang cukup kuat. Kita kerap melihat di Liga Futsal Indonesia aksi-aksinya, pemain seperti ini membuat kita kagum dengan tendangan keras menerjang jaring gawang lawan. Contoh tipe pemain di Indonesia dengan tipkal ini misalnya Ardy Dwi Suwardi atau Mohammad Sanjaya.

  1. Pemain yang sering gocek/trick

Tipe terakhir untuk posisi ini adalah pemain yang kerap menunjukkan skill individu di atas lapangan. Siapa yang tidak kenal dengan pemain seperti Bambang Bayu Saptaji, Ardiansyah Runtuboy, atau pemain asing milik Vamos, Ali Abedin di Pro Futsal League. Tipe pemain flank seperti ini memang sangat special, sangat beruntung apabila sebuah tim mempunyai pemain tipe flank seperti mereka. Banyak asumsi yang mengatakan bahwa tipe pemain ini kerap kali menjadi bahan perbincangan pecinta futsal di Indonesia. Aksi individumereka bisa membuat penonton terhibur. Skill tipe pemain ini biasanya memiliki skill individu di atas rata-rata . Tak ayal bahwa pemain seperti ini bisa dikatakan lebih spesical dari flank yang taktis atau bertipe goal getter. Sisi kiri atau sisi kanan pertahanan lawan akan sangat di-uji apabila berhadapan 1 lawan 1 dengan flank seperti ini, karena tipikal pemain seperti ini biasanya ditunjang oleh kelincahan kaki, atau gerak tubuh yang elastis. Membuat tipe pemain seperti ini memiliki kreativitas tinggindalam mengolah si kulit bundar.

Dari ketiga tipe flank ini, mana yang paling mirip dengan kamu?

 

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Analisis: Menang Lawan Iraq, ini 5 Strategi Jitu Coach Kensuke
Oleh: Hasbi Indonesia melakoni laga ke dua sangat sempurna dan menjadi Juara Grup D. Sekarang kita menganilisa...
Hasil Pertandingan & Klasemen Sementara Piala AFF Futsal Championship 2015 (10/10)
    Grup A Singapore  1 – 2  Brunei Mohamed Farhan Mohamed...
25 Tips dan Strategi Futsal (Part I)
Futsal terlihat seperti sebuah permainan yang sederhana. Namun pada kenyataannya bermain secara sederhana...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password