Sukma Nagara Kenang Momen Terindah Saat Cetak Gol Ke Gawang Timnas Futsal Inggris

Sukma Nagara Kenang Momen Terindah Saat Cetak Gol Ke Gawang Timnas Futsal Inggris

Oleh : Ubaid Habib

Menjadi pemain Timnas memang menjadi dambaan semua atlet, baik dari olahraga futsal maupun olahraga lainnya.

Tidak lain lagi, bahwa membela dan bermain untuk negara sendiri ialah mimpi bagi semua atlet. Karena mereka membawa harapan dari masyarakat untuk menjadi juara, rasa nasionalisme yang tinggi, kebanggaan dan kehormatan adalah alasan dasar menjadi pemain Timnas.

Tim Futsal Zone Indonesia berkesempatan mewancarai salah satu eks punggawa Timnas Futsal Indonesia, yaitu Sukma Nagara yang di tahun 2008 membawa Electric PLN meraih juara pada Indonesia Futsal League (IFL).

Laga final IFL 2008 mempertemukan Electric PLN melawan Biangbola dengan skor 2 – 1 atas keunggulan Electric PLN yang diselenggarakan di Hall A Gelora Bung Karno, Jakarta.

Di tahun yang sama yaitu tahun 2008, Sukma Nagara diberi mandat untuk memperkuat Timnas Futsal Indonesia yang berlaga di KL World 5 di Malaysia dan AFF CUP di Thailand yang menyabet gelar Runner Up.

Kala itu Indonesia memang bukan negara yang dianggap tim kuat untuk menjadi juara. Karena turnamen (KL World 5) itu juga diikuti negara-negara yang sudah dianggap sebagai ‘suhu’ nya permainan futsal. Salah satunya adalah raja futsal dunia, Brasil yang turut menyemarakan turnamen futsal Kuala Lumpur itu.

Sayangnya, Indonesia tidak satu grup dengan Brasil. Skuad asuhan Pelatih Justinus Lhaksana itu tergabung di grup A bersama Argentina, Australia, Malaysia, dan Inggris. Sedangkan di grup B, berkumpul para raja negara futsal seperti Brasil, Iran dan juga Thailand.

Selama mengikuti ajang turnamen KL World 5, Sukma mengenang momen terindah kala Timnas Futsal Indonesia bersua dengan Timnas Futsal Inggris.

”Kesan yang paling diingat ketika berhasil mencetak gol ke gawang Inggris pada saat debut. Indonesia menang dengan skor akhir 7-2,” tutur pegawai Bank swasta, yang selalu memberi tips tips bermain futsal di channel Youtube Sukma Nagara TV.

Mungkin banyak di luar sana para pemain futsal yang ingin menembus skuad Timnas Futsal, tetapi tidak tahu apa yang harus mereka lakukan.

Tak jarang dari mereka yang kesulitan dan kebingungan bagaimana caranya untuk bisa memperkuat skuad Timnas Futsal. Di pengujung wawancara, Sukma Nagara membeberkan tips yang mungkin bisa kalian terapkan.

“Semangat terus berlatih, nikmati prosesnya dan jangan pernah malas untuk belajar dari pelatih atau pemain yang bisa kita ambil ilmunya. Dan yang paling penting jangan pernah mikirin materi, karena materi akan datang ketika kita memiliki kualitas.”

Bagi kalian yang tertarik mendengarkan dan mempelajari trik dan tips bermain futsal lebih lanjut lagi, bisa kalian temukan di channel Youtube Sukma Nagara TV.

Foto : Goal.com

Lost Password