Sudah Pantaskah Pemain U-19 Tampil di PFL? Ini Jawaban Donzol

Sudah Pantaskah Pemain U-19 Tampil di PFL? Ini Jawaban Donzol

Oleh : Syachrul Yusuf

Doni Zola, namanya mungkin memang asing bagi sebagian orang-orang Indonesia. Namun Doni Zola atau akrab disebut Donzol ini Namanya sangat harum di dunia Futsal. Bukan sebagai pemain yang hebat, melainkan kontrubusi nyata bagi dunia futsal.

Pro Futsal League (PFL) 2020 merupakan kompetisi futsal tertinggi di tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Federasi Futsal Indonesia (FFI). Kompetisi liga futsal ini sudah dimulai pada musin 2006-2007 dan hingga sekarang sudah memasuki musim ke-13. Sebanyak 16 tim futsal Indonesia akan memperebutkan juara di kompetisi ini, termasuk tim yang berasal dari finalis kompetisi sebelumnya yaitu Liga Nusantara (Linus) 2019.

PFL menjadi salah satu ajang untuk para pemain muda menunjukan skill permainannya. Ada beberapa pemain yang berkancah di PFL berusia di bawah 19 tahun dan sudah bisa dikatakan menjadi pemain futsal professional. Menurut pendapat seorang Donzol, pemain di bawah usia 19 tahun sudah pantas mengikuti Liga Futsal Indonesia, terutama apabila pemain tersebut memiliki kemampuan untuk bersaing dengan pemain lain nya maka pemain yang berumur dibawah 19 tahun sudah pantas masuk di Liga Futsal Professional.

“Usia 19 tahun sudah masuk usia Final Youth. Kalau secara kemampuan si pemain sudah bisa bersaing, saya rasa tidak masalah. Runtuboy main di turnamen senior sejak usia 16 tahun, dan mampu meraih gelar juara bersama Blacksteel tahun 2016 saat berumur 19 tahun,”jelas Donzol.

Tidak menjadi suatu alasan usia dibawah 19 tahun ke bawah tidak bisa mengikuti Liga Futsal Professional, asalkan dia bisa bersaing dan memiliki kemampuan lebih dari pemain laiinya pemain tersebut sudah pantas dan bisa mengikuti Liga Fursal Professional tersebut.

“Kalau sekarang jumlah pemain usia belum genap 20 sudah main di Liga Professional disebabkan tidak banyak kompetisi dengan kategori usia U-20,” tegas Eks pelatih Vamos Mataram.

Ini menjadi alasan mengapa usia dibawah 19 tahun sudah pantas masuk Liga Professional, dikarenakan tidak adanya kompetisi kompetisi futsal dengan kategori usia U-20 tahun.

Pemain pun harus mempunyai menit, jam, jumlah permainan, aktifnya pemain untuk bisa dikatakan pantas mengikuti Liga Professional tidak hanya pemain tersebut terkenal atau sebagai mana dia mengerti teknik dasar futsal.

Bukan prioritas di terkenal, tapi fokus pada kontinuitas, harusnya sudah tidak bicara teknik dasar dan sudah masuk kepada kualitas individu pemain dan kemampuan bermain tim,” tutup Donzol.

 

 

 

Baca juga:
Ini Hal Yang Dapat Menaikkan Pamor Futsal
Oleh: Fajar Aprilian Futsal? Apa itu futsal? Sebagian orang awam pasti hanya tahu bahwa futsal merupakan...
Apakah Klub Futsal di Indonesia Sudah Profesional?
Oleh : Bayu Qolyubi Futsal di Indonesia kian berkembang setelah media mempunyai peran andil yang cukup...
Donzol Berbicara Tentang Pemain Asing di PFL
Oleh: Annasa Fajar Gumilang Pro Futsal League (PFL) 2018 telah memasuki musim baru. Kini gelaran futsal...
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password