Reza Gunawan, Si Wonderkid Baru Milik Cosmo FC

Reza Gunawan, Si Wonderkid Baru Milik Cosmo FC
Reza mampu tampil menawan bersama Cosmo, meski ini merupakan tahun pertamanya di PFL.

Bogor tidak pernah berhenti menelurkan talenta berbakat di Pro Futsal League (PFL). Sebut saja Bambang Bayu Saptaji yang masih menjadi andalan utama Halus FC dan tim nasional senior. Ada juga Muhammad Iqbal Iskandar sudah dua kali menjadi pemain terbaik PFL di umur 24 tahun. Kini, sudah muncul Reza Gunawan, yang jalani musim pertamanya di liga professional bersama Cosmo FC Jakarta.

Reza merupakan salah satu aktor kunci kemenangan 4-3 Cosmo atas Bintang Timur Surabaya pada pekan ketiga grup B PFL 2020, Sabtu (25/1), di GOR Popki Jakarta. Pada laga tersebut, alumni SMA Plus Bina Bangsa Sejahtera (BBS) itu turut sumbang satu gol, dan ciptakan beberapa umpan kunci.

Bakat Reza sebenarnya mulai terendus pada 2015. Kala itu, dia berhasil membawa BBS meraih peringkat ketiga Grand Champion Pocari Sweat Futsal Championship 2015. Setahun kemudian, Reza kembali bawa SMA-nya ke babak nasional, tapi kali ini hanya sampai fase grup. Namun, penampilan gemilangnya sudah cukup untuk membuat Institut Perbanas Jakarta menawarkan beasiswa kuliah pada 2017.

Sempat lama tak terdengar, Reza kembali bersinar saat membawa Kota Bogor meraih medali perunggu futsal Pekan Olahraga Daerah (Porda) 2018. Setahun berselang, dia sukses membantu DKI Jakarta meraih medali emas futsal Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2019.

Rentetan capaian tersebut akhirnya membuat Deny Handoyo, pelatih Cosmo, tertarik untuk merekrutnya. Deha, sapaan akrabnya, merasa Reza memiliki kemampuan spesial untuk bisa menjadi senjata rahasia Cosmo musim ini.

“Tentunya Reza Gunawan diharapkan bisa jadi senjata rahasia kami,” ujar mantan pelatih SKN FC Kebumen tersebut. “Dia memiliki kecepatan dan dribble, tapi di beberapa pertandingan sebelumnya belum terlalu terlihat, karena musim ini merupakan debut baginya maka dia butuh adaptasi.

“Dia harus coba lebih menikmati pertandingan seperti tadi [melawan BTS]. Dia tidak boleh terbebani harus menang, tidak boleh membuat kesalahan, dan lain sebagainya.

“Dia harus benar-benar menikmati pertandingan, sehingga kemampuan yang dimilikinya bisa keluar dengan maksimal.”

Penampilan gemilang melawan BTS juga tidak membuat Reza lupa diri. Dia merasa performanya saat ini tidak lepas dari peran staf pelatih. Oleh karena itu, pemain bernomor punggung 15 itu selalu berusaha membalas kepercayaan pelatih di setiap kesempatan bermain.

“Saya nothing to lose saja, intinya kalau dipercaya main saya ingin tunjukkan [kemampuan] kepada pelatih,” ujarnya kepada Futsalzone.

“Bang Deha juga selalu memberi pesan: ‘Buat senyaman mungkin saat di lapangan, lakukan saja apa yang biasa dilakukan’.”

“Target saya musim ini tidak neko-neko, saya berharap bisa banyak berkontribusi bagi tim.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password