PROFIL FEMALE FC DEPOK: DARI FUN FUTSAL MENUJU FUTSAL PROFESIONAL.

PROFIL FEMALE FC DEPOK: DARI FUN FUTSAL MENUJU FUTSAL PROFESIONAL.

Oleh Muhammad Ainurfalah

Liga Nusantara (LINUS) Wanita Regional DKI Jakarta baru saja usai, Female FC resmi menjadi juara dan berhak mewakili DKI Jakarta pada gelaran LINUS Nasional setelah menang 5-1 pada hari Sabtu, 12 Agustus 2017. Namun dibalik semua yang telah mereka raih, ada banyak cerita inspiratiif dari perjuangan para srikandi futsal asal Depok ini.

Berawal dari fun futsal untuk sekedar menyalurkan hobby yang diselenggarakan IndoBarca Depok tahun 2012, lama kelamaan pemain yang ada merasa jenuh karena tidak adanya target yang jelas. Sehingga terbentuklah sebuah tim bernama Female FC yang dinaungi oleh IndoBarca Depok, namun setelah tetap tidak mengalami perubahan signifikan, akhirnya muncul lah Icha Paramitha Hasyim yang mengambil alih manajemen Female FC pada tahun 2014. Perempuan yang akrab dipanggil Icha tersebut memulai semuanya dari bawah, niatnya saat itu sederhana, memberikan wadah untuk pemain-pemain wanita asal Depok untuk menyalurkan bakatnya, semua biaya tidak pernah dibebankan kepada pemain. Sedikit demi sedikit ia menyisihkan uangnya untuk biaya operasional Female FC.

Ketika ditanya seputar sponsor, perempuan 26 tahun ini menjawab “Sejauh ini baru satu sih, itu juga pas Linus, sebelumnya ngga ada, pakai uang pribadi aja.“. Lebih jauh Futsal Zone coba mengulik peran pemerintah dalam hal mendukung finansial klub ini “Kemaren udah nyoba tapi belum dapet.

Seiring perjalanan waktu, usaha Icha pun membuahkan hasil. Female FC yang awalnya hanya mampu berangan-angan mengikuti kompetisi bergengsi, sekarang sudah bisa berbicara banyak. Klub asuhan coach Ahmad Rizal yang hanya bermodal pemain-pemain SMA dari berbagai daerah sekitar Depok yang rutin berlatih di Andik Futsal ini mampu menepis semua cibiran yang ditujukan kepada mereka dengan menjuarai berbagai kompetisi seperti Menpora Cup, PNJ Cup, IBCD Feminine Cup dan puncaknya, menjuarai Liga Nusantara Wanita.

Futsal Zone coba menanyakan kemungkinan masuk ke Liga Pro Wanita, dengan santai Icha menjawab “Ya, kalo masuk liga pro siapa yang gamau ya mas dan kalo soal perubahan line up pemain, sepenuhnya saya kasih kepercayaan ke rizal sebagai pelatih.” namun ia berujar jika nanti ada pemainnya yang dilirik klub lain, Manajemen Female FC tidak akan menghalangi proses tersebut.

Manajemen Female FC berharap bahwa Pemerintah khususnya Kota Depok dapat mendukung perkembangan dan perjuangan klub kebanggaan Kota Depok ini. Tetap semangat dan semoga sukses Female FC! Bravo Futsal Putri Indonesia!

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
PROFIL : Talenta Muda di Kaum Hawa
Bermain futsal adalah hobi dari tiap berlapis masyarakat. Baik di lapangan futsal ataupun lapangan outdoor,...
Pay-Team: Fenomena Jual-Beli Tim di Liga Pro Indonesia
Oleh: Alhimni Rushdi Februari 2016 menjadi bulan yang membahagiakan bagi sebagian masyarakat Indonesia,...
PROFIL : Subhan Faidasa, Asa Baru Dari Jawa Barat
Talenta talenta muda banyak bermunculan, terutama di kota besar seperti Bandung yang cukup maju dengan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password