Problem Futsal Yang Perlu Di pahami

Problem Futsal Yang Perlu Di pahami

Futsal di Indonesia kini semakin digemari, dari berbagai kalangan seperti Orang tua, muda, anak anak, dan wanita pun kini banyak yang menggemari olahraga 5 lawan 5 ini.Kompetisi berbagai level dari mulai antar kelas di sekolah, kantor hingga kompetisi profesional yang diisi pemain pemain top papan atas semakin banyak digelar, bahkan di Indonesia stasiun Televisi mulai menayangkan olah raga yang notabene dilaksanakan dalam ruangan ini.

Tentunya setiap tim ingin mencapai hasil manis di akhir kompetisi yakni menjadi juara. Latihan demi latihan dipersiapkan tim untuk mencapai target yang telah di tentukan,namun usaha keras yang sudah dilakukan terkadang sia-sia, tim kita terkadang hanya menjadi tim partisipasi di berbagai kompetisi.

Untuk bisa mencapai tim yang solid kita perlu menganalisa karakter pemain pada saat latihan ataupun pertandingan, itu sangat penting untuk membentuk cara bermain timpelatih harus mampu melakukan analisa terhadap tim tersebut.

Nah pada kesempatan ini tim Futsal Zone ingin membahas problematika futsal yang perlu di pahami. Problem futsal bisa di terjemahkan ke beberapa pertanyaan :

WHAT? Apa tujuan bermain futsal?

Untuk menghadapi pertandingan kita harus paham tujuan bermain futsal itu apa, tentunya kita tahu untuk meraih kemenangan target utama kita harus mencetak gol lebih banyak dari tim lawan. Untuk mencapainya semua anggota tim harus paham semua taktik yang akan diperagakan oleh tim, dari taktik menyerang maupun bertahan. Bermain Futsal Beda dengan sepakbola, semua pemain harus berkontribusi pada saat menyerang dan harus paham pula cara bertahan.
 
WHEN? Pada saat apa terjadi masalah?

contoh dari dari dalam bermain futsal:
Pada saat menyerang:
-kurang kerjasama saat membangun serangan atau kesulitan membongkar pertahanan lawan
-pada saat di full press sulit membangun serangan
-tidak pintar mengambil keputusan
-teknik dasar kurang baik

Pada saat bertahan:
-Kurang komunikasi antar pemain
-Tidak fokus
-tidak paham pola bertahan

untuk mengatasinya setiap tim perlu latihan secara bertahap setiap pertemuan, fokuskan pada satu materi latihan yang di anggap perlu adanya perbaikan agar para pemain lebihmantap dan fokus dalam memahami taktik demi taktik. setelah satu materi sudah terlihat mantap, barulah ke materi berikutnya.

WHO? Siapa pemain yang melakukan kesalahan?

Teknik yang tinggi dari masing-masing pemain adalah bagian penting dari sebuah tim.Teknik individu digabungkan secara kolektif untuk menjalankan sebuah taktik dan strategi yang terlatih dan terkonsep. Namun sering kali ego dan mental pemain sulit dikendalikan yang berakibat pada tidak terealisasinya formasi atau taktik yang diinginkan
sebuah tim.
 
Sosok pelatih disini berperan besar, ia perlu menguasai banyak factor di samping factor teknis dan taktis. Maka dari itu perkembangan setiap pemain di dalam satu tim tidak boleh terlalu timpang. Faktor non teknis seperti mental, fisik, disiplin, fighting spirit  tidak bisa di abaikan. Pelatih juga harus mampu untuk menjelaskan masalah secara detil dan juga memberi solusi agar setiap pemain mengetahui apa yang harus di lakukan pada saat mereka masuk ke lapangan.

Annasa Fajar Gumilang

Baca juga:
Peringkat Futsal Indonesia Turun Drastis Pasca AFF
Pasca mendaparkan rapor merah dari AFF Futsal Championship Januari lalu, Indonesia mengalami penurunan...
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
PROFIL : Talenta Muda di Kaum Hawa
Bermain futsal adalah hobi dari tiap berlapis masyarakat. Baik di lapangan futsal ataupun lapangan outdoor,...
PROFIL : Pembuktian Intan Nuraini
Mungkin sebagian orang menganggap futsal adalah olah raga yang identik dilakukan oleh para lelaki. Namun...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password