Posisi Pemain Futsal: Orang Terakhir dan Penyerang

Kita sudah tahu apa dan bagaimana Pivot serta Wingers dalam futsal. Tapi, jangan lupakan posisi lainnya. Di sini, Futsal Zone membawa kamu menjadi The lastman/ Fixo/ Stopper dan Attackers.

Bagi pemain berposisi fixo, terkadang lebih cenderung dikenali dengan karakter pemain bertahan. Namun sebenarnya lebih dari pada itu. Istilah the lastman dan fixo menurut www.5-a-side.com, lebih tepatnya mengacu kepada peran individu.

Istilah ‘fixo’ adalah isitilah dalam Bahasa portugis yang secara harafiah berarti ‘fixed (tetap). Megacu pada fakta bahwa pemain ini biasanya berada diposisi belakang. Prioritas utama seorang fixo adalah menjadi pelindung penjaga gawang dan menghalau ancaman yang dicipatakan pemain pivot lawan.

Bagaimanapun seorang pivot tidak hanya menyerang, begitupun fixo tidak hanya bertahan. Mereka tentu saja dapat sewaktu waktu bergerak maju kedepan untuk membantu serangan, dan sifat tidak terduga dari serangan ini akan sulit diantisipasi pemain lawan yang biasanya terfokus pada pivot atau wingers.

Bertahan, tetaplah menjadi lini utama yang menjadi tugas seorang fixo. Mereka juga menjadi pemain yang turun palin jauh kepertahanan tim, yang memungkinkan mereka untuk mengamati ritme bermain lawan. Idealnya mereka ditempatkan untuk membaca permainan dan menjadi poros komunikasi antar pemain.

Seorang fixo yang handal harus memiliki beberapa hal

• Dispilin pertahan, kamu tidak dapat memainkan posisi ini jika kamu selalu tergerak untuk mencari kesempatan menyerang. Tempatkan diri dengan baik, cermat dan jangan terlalu terburu buru karena posisi ini sangat krusial.

• Kekuatan dan tahu kecepatan untuk mengantisipasi ancaman yang dibuat lawan.

• Kemampuan membaca permainan untuk menyadari dari mana arah bahaya datang. Dan membangun serangan dengan pengamatan yang tajam.

• Komunikasi menyampaikan instruksi dan mengorganisir rekan satu tim.

Sementara itu, Attackers sesuai dengan namanya, pemain ini yang bertanggung jawab dalam menjalankan serangan. Akan tetapi mereka bukanlah target utama seperti halnya pivot yang biasanya memainkan peran menyerang.

Dengan dua attackers, akan menyulitkan pemain lawan untuk melakukan penjagaan terhadap mereka. Mereka bisa maju menyerang bersamaan maupun dalam waktu terpisah yang mengganggu pertahanan lawan.

Attackers dalam posisi ini akan turun kedaerah pertahan manakala tim sedang tidak menguasai bola. Dan mereka adalah pemain pertama yang memberi tekanan kepada lawan saat dalam kondisi diserang.

Penyerang berkelas harus memiliki ini

• Teknik yang baik agar mampu melakukan kontrol dan penguasaan bola dengan baik

• Pass dan bergerak sangat penting untuk melakukan kombinasi dengan pemain lain dan menciptakan kesempatan

• Shooting akurat dan penyelesaian akhir yang mumpuni

• Akselerasi untuk dapat melaju dengan cepat

• Dribbling yang baik untuk melewati lawan

 

Harri Fajri

Baca juga:
25 Tips dan Strategi Futsal (Part I)
Futsal terlihat seperti sebuah permainan yang sederhana. Namun pada kenyataannya bermain secara sederhana...
Posisi Pemain Futsal: Mengenal Pivot
Apa saja posisi dalam futsal? Di posisi mana saya harus bermain? Dua pertanyaan itu paling sering ditanyakan...
Posisi Pemain Futsal: Wingers Sebagai Penggerak Tim
Sebelumnya, kita sudah membahas apa dan bagaimana posisi Pivot / Target Man/ Top Man/ Striker (specialis)...
25 Tips dan Strategi Futsal (Part 2)
Futsal merupakan olahraga yang bertempo cepat, situasi dalam lapangan dengan cepat dapat berubah. Dalam...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password