Mencontek Gaya Bermain Idola Itu Penting! Bagaimana Caranya?

Mencontek Gaya Bermain Idola Itu Penting! Bagaimana Caranya?

Memiliki satu atau lebih idola dalam dunia futsal sangat lumrah untuk pemain-pemain muda. Bambang Bayu Saptaji, Muhammad Albagir, Andri Kustiawan, Ardiansyah Runtuboy atau Iqbal Iskandar merupakan sederet dari banyak nama pemain futsal Indonesia yang banyak diidolakan.

Lumrah jika anak muda punya idola untuk dijadikan role model dalam berkarir di dunia futsal. Tapi jangan sembarangan memilih role model. Jangan mentang-mentang kita mengidolakan satu pemain, tapi gaya permainan idola kita tidak sesuai dengan kemampuan yang kita punya.

Perlu jeli dalam memilih role model, agar dalam latihan dan pertandingan kita bisa maksimal. Kalian harus peka dengan cara bermain, kemampuan, atau fisik yang kita miliki. Biasanya banyak pemain terlalu ambisius dengan meniru idolanya padahal kemampuannya sangat jauh berbeda. Jangan egois.

Lalu bagaimana cara mencari role model? Jawabannya adalah cari pemain yang paling mirip dengan gaya permainan kita, lalu contek! Eits tunggu dulu, contek di sini bukan contek ketika ujian ya. Maksud contek di sini adalah meniru cara bermainnya.

Dengan mencari pemain yang mirip tentunya kita bisa mengasah atau mampu mengikuti gaya permainannya. Contoh, jika kita merupakan pemain yang tidak terlalu sering menguasai bola, cari pemain yang memiliki kemampuan paling dekat dengan kita. Analisis cara ia mendistribusikan bola, cara ia membaca permainan, cara ia keluar dari tekanan.

Contoh lain, jika kita merasa punya kemampuan individu baik yang bisa diasah, cari pemain yang mirip juga. Analisis cara dia melewati orang, cara ia melakukan akselerasi, cara ia menari celah. Dan banyak lagi.

Tapi ingat, kita tidak akan bisa 100% bisa menjadi mereka (yang sudah sukses). Tapi mereka bisa kita jadikan kita referensi untuk latihan dan pertandingan. Terlepas dari itu semua terus latihan yang keras, dan jangan lupa konsultasi dengan pelatih. Biasanya pelatih bisa melihat potensi yang kita punya.

Lost Password