Membesarkan Klub Futsal via Medsos

Membesarkan Klub Futsal via Medsos

Ada ungkapan yang mengatakan “klub bukanlah apa-apa tanpa pendukungnya”. Hal ini
mungkin belum berlaku pada futsal di Indonesia karena klub-klub masih murni berorientasi prestasi. Tapi seiring berkembangnya futsal sebagai industri, klub mau tidak mau harus lebih memikirkan dan memperhatikan fansnya karena ini akan menjadi nilai plus dan sumber penghasilan bagi klub. Dengan begitu, klub yang gagal menaruh perhatian pada fans akan tertinggal jauh perkembangannya.

Peran Penting Fanbase

DofYHvyl

Foto : Twitter Semeton Vamos

Prestasi adalah ukuran sukses paling utama buat klub futsal. Tapi bagi para sponsor, besarnya jumlah pendukung (atau setidaknya, penonton) yang dimiliki klub menjadi pertimbangan penting. Klub yang memiliki prestasi biasa-biasa saja tapi memiliki jutaan pendukung, mungkin akan lebih menarik buat sponsor daripada tim langganan juara tapi tanpa jumlah peminat yang berarti.

Era Medsos

Social-media-sports-fans

Foto : wheatoncollege

Bagaimana caranya agar klub bisa menambah dan mempertahankan dukungan dari fans? Yang pertama tentu dengan memiliki pemain berbakat dan menyuguhkan permainan yang menarik. Tapi selain itu klub juga harus bisa reach out dan merangkul fansnya. Caranya mudah saha, yaitu dengan menjalin komunikasi yang baik dengan fans. Ini bisa dilakukan dengan banyak cara seperti pertemuan dengan fans, konferensi pers, dan menampilkan artikel dan foto via majalah atau website untuk para fans. Tapi cara yang paling praktis dan efisien di era digital ini adalah melalui media sosial. Seharusnya semua klub-klub besar di Indonesia sudah terjun ke social media untuk menjangkau fans mereka.

Vamos dan Libido menjadi Pelopor

IMG-20150913-WA0017

Beberapa klub futsal di Indonesia, sudah terjun di arena medsos. Tapi tidak banyak yang menggunakannya secara optimal. Dari semua klub “Liga Pro”, Vamos Mataram dan FC Libido tampaknya memiliki strategi yang baik dalam ‘memanjakan’ followersnya. Di Instagram contohnya, dua klub ini cukup aktif memposting update untuk para fansnya. Mereka tidak hanya menampilkan foto-foto di akun Instagramnya , tapi juga menyapa, mengabarkan perkembangan terbaru, dan berinteraksi dengan fansnya. Makin baik strategi medsos, makin banyak followers yang didapat. Buktinya Vamos adalah klub futsal dengan followers terbanyak, diikuti dengan FC Libido.

Dukungan berujung Prestasi

IMG-20151102-WA0000

Semua pecinta futsal di Indonesia pasti mengharapkan klub-klub futsal akan lebih terbuka dan perhatian kepada penggemarnya, bagaimanapun bentuk dan caranya. Klub yang cenderung cuek kepada pendukungnya akan mudah ditinggalkan fansnya. Ini memang urusan di luar lapangan, tapi imbasnya juga ke dalam lapangan. Karena kecintaan pada klub akan mendorong fans untuk datang ke pertandingan sebagai pendukung. Dan kita semua tahu, dukungan kuat dari tribun biasanya akan menjadi factor X bagi tim untuk menuju prestasi.

Ardi Wirdana

Baca juga:
Inilah Pembagian Grup dan Jadwal Piala AFF Futsal 2015
2 hari lagi AFF Futsal Championship 2015 akan dimulai. Turnamen se ASEAN tersebut akan digelar di Bangkok...
Ranking Futsal Indonesia Menurun
Ranking futsal Indonesia kali ini harus puas turun ke peringkat 50. Pada sebelumnya, Indonesia sempat...
Ini Hal Yang Dapat Menaikkan Pamor Futsal
Oleh: Fajar Aprilian Futsal? Apa itu futsal? Sebagian orang awam pasti hanya tahu bahwa futsal merupakan...
Inilah Pembagian Grup Piala Dunia Futsal Wanita 2015
Ajang turnamen besar Piala Dunia Futsal Wanita untuk ke-6 kalinya siap bergulir di Guatemala pada 24-29...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password