Memahami Arti Komunikasi Dalam Futsal

Memahami Arti Komunikasi Dalam Futsal

Dalam futsal, tidak jarang pemain mengabaikan komunikasi dalam bermain. Bahkan dalam pertandingan sekalipun.

Komunikasi merupakan komponen penting dalam mendukung kekuatan tim karena komunikasi adalah pemersatu tim. Untuk menghasilkan permainan yang rapi baik dalam bertahan maupun menyerang, komunikasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan. Inilah guna komunikasi dalam bermain futsal agar timmu menjadi lebih kuat.

1. Memberikan arahan

Komunikasi deskriptif dalam futsal sangat dibutuhkan. Contohnya jika ruang penyerangan lebih terbuka di salah satu sisi, sebaiknya kiper atau anchor memberitahu flank dan atau pivot agar kesempatan penyerangan untuk mendapatkan gol menjadi lebih besar.

Panggilah orang yang dituju saat kamu melakukan passing, hal ini juga sangat berguna agar pemain yang dipassing lebih siap dalam menerima bola.

Ketika kamu memiliki ruang kosong dan temanmu mengalami kesulitan dalam menguasai bola, beritahu temanmu. Jangan hanya berdiri dan  berharap temanmu melihatmu. Mintalah agar temanmu memberi bolanya kepadamu. Hal ini dapat mengeluarkan temanmu dari kesulitan.

Ketika bertahan, berikanlah arahan agar temanmu berada di posisi yang tepat dan menjaga lawan yang tepat. Komunikasi juga berguna untuk mengingatkan pemain lain jika mereka lupa untuk melakukan transisi.

2. Memberi motivasi

Dalam bermain futsal, motivasi pemain tidak selamanya berada diatas. Motivasi bisa saja turun jika merasakan kelelahan ataupun tertinggal skor dari lawan. Komunikasi sangat dibutuhkan ketika motivasi pemain sedang berkurang. Berikanlah kalimat-kalimat penyemangat agar suasana tim lebih baik.

Pemberian motivasi juga dapat dilakukan oleh pemain di bangku cadangan ataupun penonton diluar lapang untuk memberikan semangat kepada temannya yang sedang bertanding.

Levina Maharani

Baca juga:
25 Tips dan Strategi Futsal (Part I)
Futsal terlihat seperti sebuah permainan yang sederhana. Namun pada kenyataannya bermain secara sederhana...
Tips : 7 Kunci Sukses Menjadi Pemain Anchor
Oleh : Harri Fajri Bagaimana memerankan tugas seorang anchor yang baik? Posisi anchor/cierre bertugas...
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Posisi Pemain Futsal: Mengenal Pivot
Apa saja posisi dalam futsal? Di posisi mana saya harus bermain? Dua pertanyaan itu paling sering ditanyakan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password