Mau Lolos Seleksi Tim Futsal? Simak Tips Ini

Mau Lolos Seleksi Tim Futsal? Simak Tips Ini

Beberapa tim dari mulai level amatir hingga profesional mulai marak menggelar seleksi terbuka untuk umum. Dimana peserta yang memenuhi kriteria dari penjuru negeri manapun dipersilahkan mengikuti seleksi. Vamos Mataram dan Cosmo FC Jakarta adalah sebagian dari tim yang menggelar seleksi terbuka.

Kesempatan yang cukup bagus buat kalian untuk membuktikan diri dan meraih mimpi ke level selanjutnya. Tapi seringkali kita urung mengambil kesempatan ini, alasannya beragam entah itu minder, kurang percaya diri, gugup dan sebagainya.

Nah untuk itu Futsal Zone akan berbagi tips agar kalian lolos seleksi, cekidot!!

1. Percaya diri

Untuk melangkah ke level yang lebih tinggi, yang pasti kamu harus punya kepercayaan diri yang bagus. Banyak diantara kita yang memiliki masalah kepercayaan diri, padahal sebetulnya performa kita dilapangan sangat ditentukan dengan percaya diri. Kalau kamu punya skill mumpuni tapi gak pede? Ya hasilnya bakal nol besar.
2. Jangan ragu

Ini nih yang membuat beberapa diantara kita lagi-lagi gagal masuk tim saat seleksi. Dalam beberapa situasi game, terkadang kita ragu membuat keputusan entah itu passing, dribbling, akselerasi sampai keputusan untuk melakukan shooting karena kita takut membuat kesalahan. Nah hal ini bisa jadi minus penilaian, karena pelatih manapun akan senang dengan pemain yang cepat mengambil keputusan dan tidak ragu ragu.

3. Visi bermain yang baik

Dalam futsal, visi bermain sangat vital. Visi bermain bisa dinilai dari pemain yang selalu melihat situasi pertandingan, membaca permainan. Pemain yang memiliki visi bermain yang bagus adalah pemain yang tau akan dikemanakan bola yang ada dalam penguasaan. Contoh sederhana kita harus memiliki pandangan yang luas agar kita tau situasi dilapangan dan hindari kebiasaan menunduk karena kita tak akan tau teman kita dimana, gawang lawan dimana, dan kemana kita akan bergerak.

4. Pahami cara bermain yang benar

Hal yang tak kalah penting, jika kamu ingin menjadi pemain profesional setidaknya kamu harus memiliki pemaham bermain futsal secara garis besar. Kamu harus paham betul bagaimana cara defense, offense, passing, control, moving yang paling mendasar. Ya, karena pelatih profesional pada dasarnya mencari pemain yang siap dipoles, kecuali pelatih tersebut memang ingin membina seperti di sekolah sepakbola.

5. Jangan terlalu show Off

Jika kamu memiliki skill mumpuni, pergunakan dengan benar. Jangan sampai semua yang kamu keluarkan menjadi pamer atau show off seperti berkerja sendiri dan jarang melakukan passing karena ingin terlihat oleh pelatih. Bermain lah seefektif mungkin sesuai kebutuhan tim maka pelatih akan lebih menyukai.

Annasa Fajar Gumilang

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
25 Tips dan Strategi Futsal (Part I)
Futsal terlihat seperti sebuah permainan yang sederhana. Namun pada kenyataannya bermain secara sederhana...
The Dream
Bismillah. They say, dream big. I say, okay. Bermimpi besar itu agak susah. Apalagi kalau kita...
Vamos di AFC 2017: Kurang Adaptasi atau Masalah Mental?
Oleh Alhimni Rusdi Perjalanan Vamos Mataram di AFC Futsal Club Championship 2017 diakhiri dengan kemenangan....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password