Lima Liga Futsal Terbaik di Dunia Versi Futsal Zone

Lima Liga Futsal Terbaik di Dunia Versi Futsal Zone

Liga yang tertata, kompetitif, dan menghibur menjadi salah satu pondasi bagi tim nasional.

Futsal semakin berkembang di seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, tidak heran jika ada sejumlah negara yang mulai menggulirkan kompetisi futsal mereka. India akan mulai menggelar kompetisi futsal resmi pada musim 2020/21. Sementara itu, Jerman juga akan memulai Bundesliga Futsal pada 2021.

Meski begitu, dua negara tersebut tentu punya jalan yang panjang untuk bisa mengembangkan liga-liga mereka masing-masing. Mereka bisa belajar dari sejumlah negara yang sudah lebih berpengalaman, dan terbukti mampu melahirkan bakat-bakat terbaik.

Sejumlah liga terbaik tentu tidak berkembang dengan sendirinya. Mereka sudah melewati sejumlah proses untuk bisa mencapai posisi sekarang. Jadi, tidak heran jika liga yang baik berjalan seiringan dengan timnas yang baik pula.

Berikut ini lima liga futsal terbaik di dunia versi Futsalzone:

Divisi Primer LNFS (Spanyol)

Liga Nacional de Futbol Sala (LNFS) merupakan liga futsal profesional Spanyol yang didirikan pada 1989. Awalnya, LNFS hanya mencakup Divisi Primer saja, tetapi kemudian mulai berintegrasi dengan Divisi Segunda pada 1993.

Setelah sempat mengalami beberapa perubahan format, Divisi Primer LNFS saat ini diisi oleh 16 tim yang akan saling bertemu dalam sistem kompetisi penuh. Delapan tim terbaik akan lolos ke babak playoff juara, sedangkan dua tim terbawah akan terdegradasi ke Divisi Segunda. Selain itu, dua tim terbaik juga akan mewakili Spanyol di Liga Champions Futsal Eropa.

LNFS sempat mengalami krisis finansial pada periode 2000-an. Saat itu, mereka kehilangan sponsor yang membuat 14 klub harus mengundurkan diri. Meski begitu, LNFS mampu tetap bertahan dan berevolusi menjadi liga futsal terbaik di dunia.

Inter Movistar menjadi tim tersukses dengan 13 gelar liga. Sementara itu, El Pozo Murcia dan Barcelona membuntuti dengan lima dan empat gelar juara. Mereka juga sukses mendominasi kejuaraan antar-klub Eropa dengan sembilan gelar Liga Champions.

Liga Nacional de Futsal (Brasil)

Konfederasi Futsal Brasil (CBFS) pertama kali menggulirkan liga futsal pada 1996. Namun, nama Liga Nacional de Futsal (LNF) baru mulai digunakan pada musim 2015. LNF diharapkan mampu menciptakan branding sebagai liga yang lebih terorganisir.

Berbeda dengan kebanyakan liga lain, LNF tidak mengusung sistem promosi-degradasi. Untuk bisa berpartisipasi, sebuah tim harus membeli franchise, atau bergabung dengan franchise yang sudah ada. Sistem kompetisi seperti ini biasanya digunakan oleh liga-liga olahraga di Amerika Serikat. Tujuannya adalah agar tim yang berpartisipasi sudah mapan, baik secara struktur organisasi maupun kualitas teknik di lapangan.

Hingga 2019, terdapat 19 tim yang bersaing memperebutkan gelar juara. Mereka akan saling bertemu dalam sistem setengah kompetisi, dan kemudian 16 tim teratas akan memasuki babak playoff. Sejauh ini, Carlos Barbosa masih jadi tim paling sukses dengan lima titel juara, dan diikuti oleh ADJ Jaragua dengan empat titel.

Persaingan kompetitif di liga domestik membuat para klub Brasil juga merajai kompetisi antar-klub Amerika Selatan, Copa Libertadores Futsal. Dalam 18 edisi Copa LIbertadores, 17 di antaranya berhasil dimenangkan oleh klub asal Brasil.

Parimatch Super League (Rusia)

Liga Super Rusia memang hanya berisikan sepuluh tim, tapi mereka memiliki jumlah pertandingan per musim paling banyak di daftar ini. Setiap tim akan bertemu sebanyak empat kali dalam semusim, dan memiliki total pertandingan sejumlah 36 selama musim reguler. Namun, musim ini hanya ada sembilan tim karena BLIK Nefteyugansk dibubarkan.

Dua tim terbawah akan terdegrasi ke Liga Mayor, divisi kedua Rusia. Sementara itu, delapan tim lainnya akan kembali bertanding di babak playoff juara. Liga Super Rusia menggunakan sistem best of 5 selama babak playoff.

Kompetisi ini sebenarnya sudah diselenggarakan sejak 1991, tapi saat ini masih bernama Liga Mayor Uni Soviet. Nama Rusia baru mulai digunakan pada musim 1992/93. Sejauh ini, Dinamo Moskva masih jadi tim tersukses dengan 11 gelar juara.

Salah satu yang membuat Liga Rusia spesial adalah kehadiran para pemain bintang asal Brasil. Sebut saja Fernando Nascimento, Leandro Esquerdinha, Cirilo, Eder Lima, dan Ferrao.  Esquerdinha, Cirilo, dan Eder bahkan dinaturalisasi untuk membela tim nasional Rusia.

Liga de Futsal Placard (Portugal)

Sejak digulirkan pada 1990/91, sudah ada enam tim yang berhasil menjuarai kasta tertinggi futsal Portugal. Sporting Clube de Portugal mendominasi dengan 15 titel juara, sedangkan Sport Lisboa e Benfica membuntuti dengan delapan titel.

Liga Placard diikuti oleh 14 tim, yang akan saling bertemu sebanyak dua kali dalam format kandang-tandang. Delapan tim teratas akan kembali berhadapan dalam fase playoff, sementara itu dua tim paling buncit akan terdegradasi ke divisi kedua. Babak perempat-final dan semi-final playoff mengusung format best of 3, sedangkan final menggunakan format best of 5.

Juara dan runner-up liga berhak untuk mewakili Portugal di Liga Champions. Ajang yang berhasil dimenangkan oleh Sporting pada musim lalu. Itu jadi momen kedua klub Portugal berhasil menyabet gelar juara Liga Champions, setelah sebelumnya Benfica menjadi juara pada musim 2009/10.

Selain Sporting dan Benfica, terdapat beberapa klub sepakbola lain yang juga ikut serta. Di antaranya adalah Sporting Clube de Braga, FC Belenenses, Rio Ave FC, dan Portimonense SC. Futsal dan sepakbola memang sudah menjadi bagian sulit dipisahkan di Portugal. Sejumlah pemain sepakbola ternama asal Portugal juga mengakui bahwa mereka banyak terbantu oleh futsal.

Liga Futsal Super Iran

Iran tidak menjadi salah satu tim terbaik di dunia dengan begitu saja. Para pemain berkualitas yang mereka miliki merupakan hasil tempaan Liga Futsal Super Iran. Kasta tertinggi futsal Iran tersebut sudah bergulir sejak musim 2003/04.

Salah satu kelebihan Liga Iran adalah mereka tidak memiliki satu tim yang benar-benar mendominasi. Giti Pasand, Shahid Mansouri Gharchak, Mes Sungun, Tam Iran Khodro Tehran, Tasisat Daryaei, Foolad Mahan Isfahan, dan Shensa Saveh sama-sama meraih dua gelar.

Liga Futsal Super memiliki 14 tim anggota setiap musim, yang akan saling bertemu dalam sistem kompetisi penuh. Delapan tim teratas akan lolos ke babak knockout, sedangkan dua tim terbawah akan terdegradasi ke Divisi Satu. Sang juara pun berhak mewakili Iran di AFC Futsal Club Championship.

Meski begitu, Iran masih memiliki masalah dengan stabilitas tim. Sejumlah tim sempat mengalami krisis finansial, dan beberapa di antaranya bahkan harus dibubarkan. Beberapa tim legendaris seperti Shahid Mansouri, Tasisat, Foolad, dan Dabiri Tabiriz bahkan sudah tidak lagi beroperasi.

Lost Password