Kim Jefrey Kurniawan, Abdul Aziz Dan Peran Futsal Untuk Pemain Sepak Bola

Kim Jefrey Kurniawan, Abdul Aziz Dan Peran Futsal Untuk Pemain Sepak Bola

Tidak banyak yang tahu Kim pernah menjadi pemain futsal profesional. Pada 2013 Kim mengejutkan bursa transfer Liga Futsal Indonesia, ia bergabung dengan Electric Cosmo PLN yang juga menjadi jawara di tahun tersebut.

Meski begitu pemain 26 tahun itu hanya berkontribusi minim untuk Electric PLN Cosmo.

Berbeda dengan Kim yang mengawali karier sebagai pesepak bola, Aziz lebih dulu berkarir sebagai pemain futsal profesional sebelum menjadi gelandang tengah potensial.

Futsal Kota Bandung (2013), FC Libido Bandung (2015) dan FC Libido Pingdus Indonesia (2016) merupakan tim futsal yang pernah ia bela sebelum kini meniti karir di sepakbola.

Sebenarnya bukan hanya mereka berdua yang pernah menggeluti olahraga Futsal. Mantan pemain Persebaya Surabaya Rendy Irawan musim lalu terjun di Pro Futsal League bersama Bintang Timur Surabaya.

Titus Bonai pun pernah memperkuat Blacksteel Manokwari dibeberapa turnamen amatir. Satu lagi, bintang Timnas Futsal Ardiansyah Runtuboy juga sempat memperkuat Persipura Jayapura, namun sayang karena sanksi FIFA untuk PSSI Ardi kembali berkarir di Futsal.

Lantas bagaimana peran futsal untuk karir pesepak bola itu? Meski sama-sama olahraga mengolah bola, namun pada dasarnya sepakbola dan futsal memiliki cara bermain yang cukup berbeda.

Contoh dasar pada saat mengontrol bola, di sepak bola biasanya para pemain menggunakan kaki bagian dalam untuk mengontrol bola ketika menerima passing dengan kondisi lapang rumput yang bergelombang.

Sedangkan mengontrol bola pada futsal adalah menggunakan bagian sol sepatu, ini dilakukan karena kondisi lapang futsal yang datar, yang menyebabkan aliran bola lebih cepat.

Namun kita perlu tahu pemain-pemain sepakbola dunia seperti Lionel Messi, Andrea Iniesta, dan Ronaldinho menjadikan futsal sebagai basic dalam permainan sepakbolanya.

Hal tersebut juga diakui oleh legenda sepakbola Brazil, Pele. Futsal sangat penting untuk melatih kemampuan dasar dan intelejensi.

“Futsal sangat penting untuk melatihku mengumpan, mengontrol bola dan berpikir cepat. Juga dribling, melatih keseimbangan, konsentasi,” ujar pele.

Pele ada benarnya, kondisi lapangan yang lebih sempit sangat menuntut para pemain futsal berfikir cepat dalam mengambil keputusan.

Dan secara tak langsung futsal juga dapat mengasah kemampuan individu sang pemain dan sangat berguna untuk pemain sepakbola keluar dari tekanan.

Lantas, apakah bisa pemain futsal berkarir di sepakbola? Jawabannya sangat bisa. Kim dan Abdul Aziz sudah membuktikannya saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password