Ketahui Yang Diinginkan Pelatih Dalam Seleksi Tim

Ketahui Yang Diinginkan Pelatih Dalam Seleksi Tim
Dalam futsal, seleksi pemilihan pemain tentu bukanlah hal yang asing bagi pemain. Dari mulai seleksi tim amatir, bahkan tim nasional pun melakukannya. Setiap pemain tentunya akan menunjukan skill terbaiknya  untuk menguasai perhatian pelatih agar bisa masuk dalam tim.

Percaya diri dan yakin saja tidak cukup untuk terpilih dalam seleksi tim. Kamu harus mengetahui apa yang diinginkan pelatih. Kali ini Futsal Zone akan berbagi tips mengenai apa saja yg dilihat seorang pelatih ketika memilih pemain untuk timnya. 

1. Kecepatan 
Futsal memiliki sifat permainan yang cepat, oleh karena itu, pemain perlu memiliki kecepatan yg baik. Kecepatan yg dimaksud di sini adalah kecepatan bergerak. Kemampuan pemain untuk merubah arah secepat mungkin, bergerak maju, mundur, atau menyamping dan juga kemampuan pemain mengkoordinasikan tangan dan kaki dengan mempertahankan keseimbangan dan kecepatan pergerakan.

2. Kemampuan Teknik
Seberapa baik pemain menguasai teknik-teknik dalam permainan futsal, seperti: mengontrol bola, passing, dribbling, heading, shooting, dsb. Perlu diperhatikan juga efektivitas penggunaan teknik dalam permainan.

3. Agresivitas
Agresivitas yang dimaksud di sini adalah kemampuan naluri pemain. Pemain harus mempunyai keyakinan untuk memenangkan pertarungan, baik pertarungan individual 1 lawan 1 juga secara grup atau tim.

4. Reaksi Fisik
Reaksi fisik adalah kemampuan pemain melakukan reaksi dari rangsangan panca indera baik dengan melihat atau mengamati, membaca situasi permainan, menanggapi panggilan/suara, dan merasakan sentuhan.

5. Wawasan
Dengan melihat situasi dalam permainan, pemain dikaruskan memiliki kecepatan memahami situqsi tersebut. Sehingga mampu bertindak intuitif dalam setiap situasi. 
Biasanya jam terbang dan juga banyaknya referensi pertandingan akan meningkatkan wawasan pemain dan akan membantunya menghadapi berbagai situasi sulit dalam pertandingan.

6. Reaksi Mental
Reaksi mental adalan kemampuan pemain mengambil keputusan pada situasi tertekan.
Dalam situasi tertekan, pemain juga harus mampu mengontrol emosinya.

 

Levina Maharani

Baca juga:
25 Tips dan Strategi Futsal (Part I)
Futsal terlihat seperti sebuah permainan yang sederhana. Namun pada kenyataannya bermain secara sederhana...
Cara Mudah Memilih Sepatu Futsal
Berolahraga kurang lengkap tanpa sepatu. Sepatu yang digunakan pun tak bisa asal pakai saja. Bahkan,...
Tips : 7 Kunci Sukses Menjadi Pemain Anchor
Oleh : Harri Fajri Bagaimana memerankan tugas seorang anchor yang baik? Posisi anchor/cierre bertugas...
25 Tips dan Strategi Futsal (Part 2)
Futsal merupakan olahraga yang bertempo cepat, situasi dalam lapangan dengan cepat dapat berubah. Dalam...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password