Kenapa Kiper Futsal Tidak Wajib Memakai Sarung Tangan?

Kenapa Kiper Futsal Tidak Wajib Memakai Sarung Tangan?

Artikel ini ditulis oleh penjaga gawang Timnas Futsal Finlandia, Dusan Matic.

http://www.futsalplanet.com/

Sepakbola dan futsal selalu terkoneksi walau banyak juga perbedaannya.

Ketika berbicara tentang penjaga gawang sepakbola, bagian yang paling dikenal dari peralatan mereka adalah sarung tangan.

Ini adalah bagian yang tidak dapat dihindari dari kit mereka dan sarung tangan sangat membantu penjaga gawang untuk menangkap, menepis, dan meninju bola.

Namun, semua orang berfikir, bahwa penjaga gawang futsal juga mengenakan sarung tangan. Di futsal, sangat sedikit penjaga gawang yang mengenakan sarung tangan atau dengan sebutan barehand. 

Apa alasannya?

Penjaga gawang sepakbola jika mengenakan sarung tangan sangat membantu untuk melindungi tinjuan mereka dari tembakan kuat seorang pemain. Tak hanya itu, sarung tangan dapat mencegah bola untuk tidak terlepas dari tangan mereka dan memudahkan kontrol bola.

Nah kalau seorang penjaga gawang futsal, perbedaan pertama yang jelas adalah ukuran bola. Di futsal, volumenya lebih kecil dan memungkinkan kiper untuk mengontrol bola dengan lebih baik. Penjaga gawang juga dapat merasakan bola di bawah jarinya dan lebih mudah mengontrol bola lebih baik.

Tak hanya itu, peran penjaga gawang futsal untuk menciptakan permainan juga lebih penting, mengingat ukuran lapangan yang kecil. Maka dari itu, penjaga gawang futsal mempunyai peran besar saat melakukan serangan balik.

Jika penjaga gawang futsal menggunakan sarung tangan tidak akan memiliki efek yang sama seperti sepakbola. Justru mengalami efek negatif, jika sang kiper mengontrol bola dengan ujung jari, bola itu akan lebih lambat dan lemparannya pun kurang akurat.

Jangan mengira penjaga gawang futsal tidak memiliki kendala. Kelemahan dari barehand adalah sulit menguasai tembakan bola yang berputar atau spin. Kendalanya adalah, jika telapak tangan si kiper basah untuk menangkap si kulit bundar akan menjadi licin. Untuk itu, penjaga gawang futsal selalu menyediakan handuk dibelakang gawang untuk mengeringkan kedua telapak tangannya.

Intinya, di futsal persentase bola di tangkap kiper itu lebih kecil dibandingkan sepakbola karena jarak ke gawang lebih dekat dan kekuatan tendangannya lebih keras. Dengan mempertimbangkan ini, aspek ini bukan menjadi prioritas saat membahas perlu atau tidaknya sarung tangan.

Kita dapat menyimpulkan bahwa kenyamanan adalah prioritas utama bagi kiper dan jika kalian berpikir bahwa sarung tangan diperlukan untuknya, itu bakal menjadi pilihan masing-masing.

Source : https://futsalfeed.com/

Suka nulis apa aja. Tulis langsung yang ada di kepalamu..

Lost Password