Jelang PFL 2016: Mengukur Kekuatan Tim Promosi (2)

Jelang PFL 2016: Mengukur Kekuatan Tim Promosi (2)

 

Ada yang berbeda dengan Liga Pro tahun ini dengan gelaran pada tahun sebelumnya. Pada gelaran tahun ini, kompetisi tertinggi Indonesia yang bertajuk Pro Futsal League (PFL) 2016 menggunakan sistem degradasi dan promosi. Liga tahun lalu membuat 4 tim harus degradasi ke Liga Futsal Nusantara (LFN). Empat tim itu adalah Persija Futsal Jakarta, Swap FC Jakarta, Trunajaya Bandung, dan Brilyant Sport FC Bekasi.

Kekosongan 4 slot PFL 2016 itu pun sudah terisi oleh tim yang menembus 4 besar atau babak semifinal LFN 2016. Empat tim tersebut antara lain jawara LFN yaitu Mataram FC disusul oleh Runner UP WPK MBU Makassar, serta Black Steel Papua Barat sebagai peringkat ke-3 dan BJL 2000 Semarang di peringkat ke-4.

Penampilan yang luar biasa di LFN membuat tim promosi ini membawa aroma persaingan yang cukup ketat di PFL 2016. Lantas apakah mereka bisa bertahan di PFL 2016 yang kabarnya akan digelar Februari mendatang? Mari kita ukur kekuatan mereka.

Black Steel (Papua Barat)

CY5_CMCU0AAxBU2

Foto : PSSI – FAI

Pada bursa transfer tahun ini, Black Steel mendapat angin segar dengan kedatangan Legenda hidup futsal Indonesia. Hal ini membuat kubu tim asal Papua Barat ini menjadi optimis berlaga di kompetisi sekelas PFL 2016.

Bicara tentang PFL, kabarnya Sayan akan mempertahankan 70% skuad muda yang turut mengantarkan Black Steel promosi. Skill individu para pemain muda Black Steel memang diatas rata-rata dengan gaya khas timurnya. Namun itu saja tidak cukup. Kita bisa melihat pada babak 8 LFN 2016, para pemain Black Steel cenderung bermain terburu-buru mengalirkan bola kedepan, sehingga membuat mereka terlalu banyak mengambil resiko. Hal tersebut yang membuat Marselino cs harus memendam hasrat melaju ke final setelah dikalahkan WPK MBU yang bermain cukup sabar.

Namun kehadiran Sayan bisa membawa aura optimis di kubu Black Steel. Sayan yang pernah beberapa kali bekerjasama dengan tim ini diyakini bisa memberikan pengarahan pola dan mental yang cukup baik. Black Steel juga akan dibantu oleh pemain pemain berpengalaman seperti Panji, Ryan Permana dan Ikhsan yang akan bertugas menyeimbangkan tim.

BJL 2000 Cosmo (Semarang)

1453344665442

Pada LFN 2016, BJL 2000 hanya berhasil menduduki peringkat ke-4. Namun hasil itu cukup mengantarkan tim asal Semarang promosi ke PFL 2016. Meski hanya menduduki peringkat ke-4, haram hukumnya memandang tim ini dengan sebelah mata.

BJL 2000 akan menjadi salah satu tim promosi yang paling berbahaya pada PFL 2016. Pasalnya, selepas Liga Nusantara, tim yang bernama lengkap Bajak Laut FC itu akan merger dengan salah satu tim asal Jakarta yaitu Cosmo FC.

Kini BJL 2000 akan di dominasi oleh para pasukan bawaan Cosmo yang diisi para pemain syarat pengalaman macam Ardy Dwi Suwardi, Deni Handoyo, Imam Fauzy, dan Romel Jonathan serta pelatih Wahyudin Kocoy. Pelatih dan para pemain tersebut rata-rata merupakan skuad Electric PLN beberapa musim yang lalu. Artinya mereka sudah sangat berpengalaman memakan asam garam perfutsalan Indonesia. Hal ini merupakan modal yang sangat penting untuk tim kota Semarang untuk berprestasi.

Annasa Fajar Gumilang

Baca juga:
Jelang PFL 2016: Mengukur Kekuatan Tim Promosi (1)
Ada yang berbeda dengan Liga Pro tahun ini dengan gelaran pada tahun sebelumnya. Pada gelaran tahun ini,...
Review Semifinal LFN: Kalahkan Black Steel, WPK Melaju ke Final
Blend Futsal Nusantara 2016 telah menapaki babak semifinal. Pada semifinal pertama yang digelar di GOR...
5 Kunci Kesuksesan BJL 2000 Cosmo Semarang
BJL 2000 Cosmo Semarang sukses memastikan diri lolos ke babak Final Four Profesional Futsal League (PFL)...
Empat Hal Menarik Pro Futsal League 2016
Pro Futsal League (PFL) 2016 tinggal menghitung waktu. Kabarnya, kompetisi tertinggi futsal Indonesia...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password