Jelang FSL 2016, Lima Klub Berganti Pelatih

Menjelang dimulainya Futsal Super League (FSL) 2016, klub-klub peserta mulai sibuk berbenah. Salah-satunya dengan merekrut sosok pelatih baru.

Dari 12 klub yang sudah pasti akan mengikuti FSL 2016, lima diantaranya telah memutuskan untuk meminang pelatih anyar. Pinangan pelatih yang paling menghebohkan datang dari klub Jakarta Electric PLN, dengan merekrut icon futsal Indonesia Vennard Hutabarat.

Sementara itu klub lain juga diam-diam melakukan pergantian pelatih: Bie the Great (BTG) menarik mantan pelatih Jaya Kencana (JK) Wahyu ‘Bewe’ untuk memperkuat staff pelatihnya, sedangkan JK sendiri mengangkat pelatih Jaya Kencana Angels, Andre Picessa, untuk mengarsiteki tim JK Putra.

Perpindahan pelatih yang paling mengejutkan datang dari kubu Futsal Kota Bandung (FKB) yang berpisah dengan coach Panca Fauzi dan kabarnya digantikan oleh asisten pelatih FKB, Ayi M Yusup. Panca sendiri telah bergabung dengan klub FSL lain, Biangbola Bogor.

Kelima perekrutan pelatih tersebut dipastikan akan memberi warna dan cerita yang menarik pada FSL 2016. Namun, tiga diantaranya bisa dibilang merupakan pinangan ideal dan berpotensi memberi kejutan prestasi.

Vennard Hutabarat – Electric PLN

IMG_8893

Kedatangan Veve ke PLN sedikit banyak akan mengubah tradisi dan karakter yang sudah melekat pada tim ini. PLN sejak dulu dikenal sebagai tim yang mengandalkan team work, disiplin dan organisasi tim. Sedangkan Veve, yang belum lama ini membawa Perbanas menjuarai Lifuma 2015, merupakan sosok pelatih flamboyant yang lebih menghargai teknik dan skill individu. Ini dapat dilihat dari gaya bermain tim asuhannya seperti Futsal Perbanas.

Untungnya bagi Veve, ia mendapatkan kepercayaan penuh dari managemen PLN untuk membongkar dan mengatur komposisi pemain sesuai keinginannya. Didampingi asistennya Mario Silitonga, Veve telah berhasil merekrut pemain seperti Tely, Geordyan dan Pogba yang mamadukan pengalaman, skill dan tenaga.

Wahyu Bewe – Bie The Great

Screenshot_2016-01-07-20-44-13_1

Foto : Instagram Wahyu Bewe

Walau diplot sebagai asisten pelatih untuk mendampingi headcoach Robi Murdani, perekrutan Bewe bisa dikatakan sebagai keputusan genius. Pasalnya, banyak dari pemain BTG juga merupakan pemain Tax Usakti, tim universitas yang diarsiteki Bewe.

Di bawah asuhan Bewe, Tax Usakti telah banyak menoreh prestasi dan menjadi salah satu tim universitas yang paling disegani.
Bergabungnya Bewe dipastikan akan menjadi angina segar bagi para punggawa BTG yang pada musim lalu tampak sedikit kehilangan arah pada seri kedua FSL 2015. Bewe akan memberi bocoran kepada coach Robi tentang cara bermain efektif yang biasa ditunjukkan Raka, Arjuna dan Rifai saat membela tim kampusnya.

Panca Fauzi – Biangbola Bogor

IMG-20160107-WA0015

Tidak banyak yang tahu, Panca memiliki sejarah dengan Biangbola. Pada gelaran Indonesia Futsal League 2009, Panca, sebagai managemen dari klub Bandung Futsal 35, mensuplai talenta muda seperti Gustian Sukma, Andaru, Julinur dan Ragil Handoyo kepada tim Biangbola yang kemudian berhasil menjadi runner-up IFL 2009.
Management Biangbola tentunya sudah mengenal Panca dan memberikan kepercayaan penuh

kepada mantan pelatih FKB tersebut. Panca, yang pernah meraih posisi juara 4, 3, dan runner up IFL bersama FKB, dikabarkan telah memboyong beberapa mantan punggawa FKB seperti Julinur, Agung Dwi dan Yusuf AK untuk memperkuat tim barunya. Dengan mengandalkan pemain berpengalaman yang pernah dipimpinnya, Panca tampaknya akan menjadikan Biangbola menjadi tim yang cukup solid.

Ardi Wirdana

Baca juga:
Rapor Tim Bottom Four Seri 1 Wilayah Barat
Pada dua match-day pertama grup Wilayah Barat, salah satu kejutan datang dari Futsal Kota Bandung (FKB)....
Dari Indonesia Futsal League Sampai Pro Futsal League
Liga futsal Indonesia atau Pro Futsal League (PFL) telah bergulir hingga saat ini. PFL merupakan kelanjutan...
Vamos Angkat Pemain Jadi Asisten Pelatih
Pemain sekaligus wakil kapten Vamos Carlsberg Yusup Maulana, resmi menyandang status baru. Yusup...
Mengintip Strategi Defence Biangbola Kaltim
Pekan ke-5 Wilayah Barat Pro Futsal League (PFL) 2016 pada 2-3 April lalu, menghasilkan pertandingan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password