Indonesia hanya kalah postur tubuh: Zidani

Indonesia hanya kalah postur tubuh: Zidani

Oleh: Faisal Irsyad Noer

Indonesia harus puas meraih peringkat empat pada ajang AFC U-20 Futsal Championsip 2019 beberapa waktu lalu. Pada perebutan tempat ke-tiga Tim Nasional Futsal Indonesia (Timnas Futsal) harus mengakui keunggulan tuan rumah Iran.

Meski begitu, Timnas Futsal sejatinya telah tampil sangat baik pada gelaran ini, puncaknya saat memberi perlawanan ketat terhadap Timnas Afganistan yang menang pada babak semifinal melawan Indonesia. Capaian ini buah dari kerja keras seluruh elemen tim yang punya persiapan baik sebelum kompetisi.

Menurut kapten Timnas Futsal, Ramadan Zidani, kelemahan yang paling mencolok bagi Timnas Futsal U-20, khususnya pasca kekalahan di dua pertandingan terakhir adalah faktor fisik.

“Mungkin  kekurangan kita hanya di postur tubuh yang kecil dibandingkan dengan negara seperti Iran dan Afganistan,” ujar Zidan (sapaan akrabnya) kepada Futsal Zone .

Seperti yang kita tahu selain memiliki postur yang lebih besar, fisik para pemain Afganistan dan Iran sangat bagus. Dengan kondisi ini, terlihat para pemain kedua tim lawan Indonesia memiliki kekuatan dan daya tahan lebih baik sehingga bisa lebih fokus dalam menjalankan instruksi sampai laga berakhir.

Kendatipun gagal pada ajang AFC U-20, Ari Ramdani cs. diyakini mendapatkan pengalaman dan jam terbang yang sangat berharga. Progress-nya sangat terlihat dari mulai mereka berlaga di Pro Futsal League  bersama tim Bara Kaltim.

Meski terdegradasi, performa Bara Kaltim di Liga cukup baik sebenarnya. Tim asuhan Sayan Karmadi ini kerap merepotkan lawan-lawannya yang lebih senior. Timnas yang sebagian besar ada di Tim Bara Kaltim mendapat efek positif saat berlaga pada AFC U-20. Hal ini diakui juga oleh Zidan.

“Tentunya positif sekali karena kita bisa belajar dari terdegradasinya Bara Kaltim,” ucap pemain asal Bandung itu.

Kita sekiranya tidak dapat menyalahkan para pemain atas kekalahan Indonesia yang didapat pada partai semifinal dan perebutan tempat ke-tiga. Karena jika berbicara target untuk lolos ke empat besar Asia, para Pemain Timnas telah mencapainya. Prestasi baru yang belum pernah dicapai Timnas Senior sekalipun.

Indonesia patut bangga atas pencapaian Garuda muda di AFC U-20 Futsal Championsip yang di selenggarakan di Iran ini, hasil yang menunjukan bahwa Indonesia tidak bisa dianggap remeh pada  ajang futsal se-asia itu. Belum lagi hasil ini akan menjadi motivasi para pemain muda berbakat khususnya di daerah untuk unjuk gigi.

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Ini Hal Yang Dapat Menaikkan Pamor Futsal
Oleh: Fajar Aprilian Futsal? Apa itu futsal? Sebagian orang awam pasti hanya tahu bahwa futsal merupakan...
Timnas Futsal Indonesia : Antara Pesimis dan Kejutan
Oleh : Bayu Qolyubi AFF Futsal Championship 2018 tinggal menghitung beberapa hari lagi. Tentunya juga...
Vamos di AFC 2017: Kurang Adaptasi atau Masalah Mental?
Oleh Alhimni Rusdi Perjalanan Vamos Mataram di AFC Futsal Club Championship 2017 diakhiri dengan kemenangan....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password