Futsal Indonesia road to SEA Games 2017

Futsal Indonesia road to SEA Games 2017

Oleh Annasa Fajar Gumilang

Pecinta Futsal Indonesia akhirnya bisa bernafas lega. Tim Nasional (Timnas) Futsal yang dikabarkan mundur dari Seagames 2017 akhirnya menunjukan kejelasan nasibnya. Tim yang dikepalai Victor Hermans itu akan tetap berlaga pada pegelaran yang akan dilaksanakan di Negeri Jiran, Malaysia. Hal ini dipastikan oleh hasil diskusi PSSI dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI) di Markas PSSI, kamis (21/7), yang menyatakan Timnas Futsal akan tetap berangkat.

Nasib partisipasi Timnas Futsal memang terselamatkan. Namun masalah selanjutnya adalah PSSI dan FFI harus gerak cepat menyiapkan kerangka tim yang akan mewakili Indonesia. Seperti yang kita tahu, Timnas Futsal belum memiliki kerangka tim sama sekali. Jangankan kerangka tim, program seleksi pemain pun belum berjalan sampai dengan saat ini. Waktu kurang lebih 1 bulan harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Federasi untuk merancang program kilat.

Meski dengan kondisi (yang lagi-lagi) seperti itu, tak sedikit masyarakat yang optimis terhadap prestasi Timnas Futsal kita di Malaysia nanti. Terlihat dari opini-opini di media sosial yang mendukung dan mensyukuri Timnas Futsal yang tetap berangkat ke ajang antar Asia Tenggara itu.

Dengan tetap adanya dukungan seperti itu, cukup bagus untuk tim untuk tetap mengerahkan seluruh keringatnya nanti. Tapi ada baiknya rasa optimisme itu tidak membuat ekspektasi kita menjadi berlebihan. Ini bisa berlaku untuk seluruh pecinta Futsal Indonesia baik dari Federasi, Management, Media sampai pendukung setia Timnas.

Lalu muncul pertanyaan, Kenapa ekspektasi terhadap Timnas Futsal jangan terlalu berlebihan?

Berkaca pada AFF Futsal 2016 lalu yang digelar di Thailand, Saat itu kita satu grup dengan Malaysia, Myanmar dan Laos. Ekspektasi kita begitu tinggi terhadap Garuda, dengan berbekal pemain pemain mumpuni, kita tetap tidak bisa lolos grup. Pertandingan pertama melawan “rival abadi” Malaysia, kita kalah 6-5.

Setelah pertandingan alih-alih mendapatkan support, Timnas Futsal malah mendapat cacian demi cacian di media sosial. Hal ini buruk untuk psikologis pemain, hasilnya pertandingan selanjutnya Bambang Bayu Saptaji cs. kembali kalah oleh Myanmar dengan skor 6-3 dan menutup peluang lolos ke babak selanjutnya.

Timnas kita butuh support saat ini. Tapi, ekspektasi terlalu tinggi akan membuat mental pemain terbebani. Apalagi dengan persiapan minim yang telah disebutkan, Timnas pasti mengalami kesulitan.

Semua tidak ada yang instan, Mie Instan saja harus melalui beberapa tahap penyajian sebelum akhirnya dikonsumsi. Sama halnya dengan Futsal Indonesia, kita sebaiknya tidak perlu menghakimi kegagalan tapi terus lakukan evaluasi dan belajar dari kegagalan itu. Liga sudah mulai membaik, regenerasi seperti Timnas U20 juga sudah cukup berjalan baik, tinggal bagaimana kita mensupport dengan cara dewasa agar mental kita lebih kuat.

Apapun hasil Seagames nantinya, tidak ada alasan untuk tidak mensupport Timnas Futsal Indonesia. Semoga kita bisa menjadi penggemar yang dewasa. Bangkit Futsal Indonesia.

Setuju?

Foto: sindonews.com

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
4 Tugas Penting Victor Hermans Tukangi Timnas Futsal
Victor Hermans butuh pembuktian. Sederet prestasinya akan diuji kembali dengan status baru sebagai pelatih...
Rekrut Tanpa Seleksi Jadi Kunci Sukses IPC Pelindo Musim Ini?
Oleh: Ardi Wirdana “Chemistry is more important than talent”. Tentu pendapat ini bisa diperdebatkan...
Batu Sandungan Itu Bernama Malaysia
Oleh : Harri Fajri Timnas Futsal Indonesia harus kembali tersandung oleh malaysia, setelah sebelumnya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password