Fisioterapi Ada di Liga Futsal. Apa Sih Tugasnya?

Fisioterapi Ada di Liga Futsal. Apa Sih Tugasnya?

Oleh: Annisa Julia Angelina

Fisioterapi itu apa sih? Di liga itu ngapain? Yang terlihat kalau nonton dilapangan hanya ‘lari masuk lapangan kalau ada yang cedera’

Nah sebenarnya apa sih fungsi adanya fisioterapi disebuah tim atau club futsal?

Pertama, fisioterapi adalah sebuah pelayanan tenaga kesehatan yang berperan dalam pemulihan fungsi gerak tubuh. Dan pelayanan fisioterapi ini ada undang undang nya yaitu Peraturan Menteri Kesehatan, No. 80, tahun 2013.

“Fisioterapi adalah pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara, dan memulihkan gerak-fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (physics, electrotherapeutic, mekanik, pelatihan fungsi, dan komunikasi).”

Kedua, peran fisioterapi didalam sebuah tim atau club itu apa?

Seperti yang sudah dijelaskan, fisio membantu atlet untuk menjaga fungsional gerak, terkait posisi atlet tersebut ditim atau club. Tiap posisi memiliki karakter gerakan yang berbeda sehingga kemungkinan cedera dan gangguan geraknya juga berbeda.

Contoh misalnya pivot, dalam permainan pivot yang bermain statis memiliki khas ‘menyandar’ ke lawannya, untuk mesupport itu pivot harus memiliki otot otot core dan stabilitas yang kuat. Agar terhindar dari sakit pinggang dan punya balance yang baik.

Ketiga fisioterapi didalam tim tugasnya apa?

Fisio didalam tim atau club menjadi salah satu penentu pemain bisa masuk line up atau tidak.

Tentu dilihat dari kondisi pemain. Hal pertama yang fisioterapi lakukan adalah pemeriksaan kepada seluruh pemain. Setelah ditemukan hasil dari pemeriksaan, fisioterapi akan membuat program untuk pemain, jelas antar pemain memiliki kebutuhan yang berbeda, walaupun kadang keluhannya sama. Untuk pemain yang sedang cedera, fisio akan melakukan terapi intensif untuk memulihkan kondisi pemain yang cedera.

Lalu pertanyaannya apakah pemain ini siap untuk melapang atau tidak setelah cedera dan melakukan program terapi? Misalnya pemain pasca cedera, harus ada rescreening dan pemeriksaan terkait cederanya untuk mengetahui atlet tsb sudah siap untuk bermain atau belum.

Begitulah kurang lebih peran dan tugas fisio dalam tim atau club futsal.

Lebih baik mencegah dari pada mengobati, dan lebih baik program terapi dari pada tidak bisa main lagi.

Artikel ini dipersembahkan oleh Physio Optimal.

 

Lost Password