Empat Pemain Dipanggil Timnas, SKN FC Kebumen Siapkan Pemain Pengganti

Empat Pemain Dipanggil Timnas, SKN FC Kebumen Siapkan Pemain Pengganti

Alvaro Martinez sesalkan jadwal pemusatan latihan yang berbentrokan dengan Pro Futsal League.

Kemenangan 2-1 atas IPC Pelindo II, Minggu (26/1), memastikan SKN FC Kebumen menutup putaran pertama Pro Futsal League (PFL) dengan rasio kemenangan 100 persen. Meski begitu, SKN akan menhadapi tantangan berat pada putaran kedua.

Usai kemenangan tersebut, Rio Pangestu Putra, Guntur Sulistyo Ariwibowo, Muhammad Syaifullah, dan Samuel Eko Putra akan kembali bergabung ke pemusatan latihan tim nasional senior. Sebelumnya, keempat pemain tersebut memang sudah tidak mengikuti latihan bersama SKN sejak 16 Januari, karena mengikuti pemusatan latihan di Jakarta.

Pelatih timnas, Kensuke Takahashi saat ini tengah mencari 14 pemain untuk mengikuti AFC Futsal Championship 2020, 28 Februari-8 Maret, di Turkmenistan. Jika lolos seleksi, para pemain tersebut dipastikan tidak akan memperkuat SKN selama tiga pekan PFL berikutnya.

Kehilangan empat pemain tersebut tentunya akan menjadi kerugian besar bagi SKN. Mereka memiliki andil besar dalam kesuksesan runner-up PFL 2018 itu sejauh ini. Khusus bagi Rio, dia bahkan juga menjabat sebagai kapten tim.

Pelatih SKN, Alvaro Martinez Castillo menyangkan jadwal pemusatan latihan yang bertabrakan dengan Pro Futsal League. Meski begitu, dia sudah mencari solusi untuk mengatasi masalah ini.

“Tentu [pemanggilan] itu akan mempengaruhi [persiapan tim]. Bagaimana saya bisa menyiapkan tim [dengan baik]?” ujar pria berusia 29 tahun tersebut.

“Setelah saya kembali, semua pemain internasional saya akan pergi, dan saya harus mendatangkan pemain-pemain baru.

Ini sangat buruk bagi PFL, tapi kami coba mengatasi masalah ini. Ini akan sulit juga untuk membuat para pemain mengerti bahwa setelah banyak berlatih mereka tidak bisa membantu tim. Saya belum tahu [caranya], karena mereka juga sedih.

“Level [permainan] dari PFL akan menurun, jadi saya pikir organisasi [penjadwalan] yang lebih baik akan membuat [PFL] lebih baik di masa depan.

“Mungkin [ada penambahan pemain]. Saya belum bisa mengatakan siapa saja, tapi mungkin ada.”

Kritik Alvaro tentu memiliki dasar. Jadwal AFC Futsal Championship sudah keluar sejak jauh hari. Oleh karena itu, seharusnya pihak penyelenggara liga bisa menyesuaikan jadwal agar tidak berbentrokan dengan pemusatan latihan timnas.

Sejauh ini, SKN memang menjadi salah satu tim yang paling memikirkan masalah persiapan tim. Mereka sudah melakukan persiapan sejak awal September, dan Alvaro merasa hal tersebut pula yang membuat mereka bisa tampil gemilang di lapangan.

“Dengan kerja keras [enam kemenangan beruntun bisa diraih],” ujar pelatih asal Spanyol tersebut. “Kami berlatih sejak 5 September.

“Kami berlatih pagi dan sore, gym, taktikal, teknik, dan [analisis] video. Dengan kerja keras, hanya itu caranya [meraih kemenangan]. Tim saya selalu berjuang di pertandingan maupun latihan, dan saya hanya bisa memuji mereka.”

SKN belum mengumumkan siapa saja pemain yang akan mereka datangkan untuk putaran kedua. Meski begitu, mereka sudah resmi melepas Rico Putra Subagya ke BJL 2000 FC Semarang. Mereka juga sudah dihubungkan dengan beberapa nama seperti Raka Febianto dan Saritua Sigalingging.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password