Dhona Chindy Ferdiana: Kartini Muda di Dunia Perwasitan Tanah Air

Dhona Chindy Ferdiana: Kartini Muda di Dunia Perwasitan Tanah Air

Oleh: Muhammad Ainurfalah

Tugas memimpin pertandingan sepakbola atau futsal biasanya dipercayakan kepada laki-laki. Namun akhir-akhir ini mulai muncul beberapa pengadil lapangan dari kamu hawa yang membuktikan mampu menjadi wasit yang mumpuni di ajang-ajang besar di tanah air, salah satunya Dhona Chindy Ferdiana.

Wasit asal Kota Cirebon yang masih berusia 20 tahun ini baru-baru ini  dipercaya untuk memimpin pertandingan dalam kompetisi level nasional, Hydro Coco National Futsal Tournament.

Ketika ditanya mengenai alasannya menjadi wasit, Dona yang sebelumnya merupakan seorang pemain, mengungkapkan ingin mengerti peraturan permainan serta memimpin pertandingan juga layaknya seorang laki-laki. ““Karena dulu saya pemain jadi ada saatnya kita juga harus bisa mimpin pertandingan. Kita harus mengerti law of the game di permainan tersebut dan untuk itu kita juga harus terjun di perwasitan. Kartini menjunjung emansipasi wanita, kita juga bisa kaya kartini menjunjung emansipasi wanita, wanita juga  harus bisa memimpin pertandingan seperti laki-laki,” tutur wasit yang sudah memegang lisensi level 2 ini.

Lebih jauh saat ditanya mengenai pengalamannya menjadi wasit, ia menjelaskan bahwa ia mendapatkan dukungan dari orang-orang yang lebih dulu terjun di dunia perwasitan, sehingga ia merasa nyaman saat memimpin sebuah laga. “Waktu awal turun, senior-senior sangat mendukung. Awalnya keringat dingin saat memimpin sebuah laga, tapi lama-lama dengan didikan dan dukungan senior, saya makin enjoy menjadi wasit pertandingan putra ataupun putri.”

Saat bertugas pada gelaran turnamen HCNFT, yang merupakan kompetisi futsal resmi U-18 yang diakui oleh Federasi Futsal Indonesia.Dona mengaku memiliki kesan tersendiri. Ia mengungkapkan bahwa gelaran HCNFT 2018 sangat profesional, khususnya untuk Kota Cirebon sendiri.

“HCNFT itu kompetisi yang sangat resmi dengan panitia yang profesional dan disiplin waktu. Karena itulh wasit harus selalu disiplin waktu dan selalu menjunjung tinggi peraturan permainan.” pungkasnya mengakhiri percakapan.
Semoga sukses untuk wasit-wasit wanita lainnya! Maju terus futsal Indonesia!

Baca juga:
Gandeng BNN, Kalbe Gelar Hydro Coco National Futsal Tournament 2018
PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) hari ini menandatangani Nota Kesepahaman dengan Badan Narkotika Nasional (BNN)...
Duet Kalbe dan FFI Wujudkan Target Timnas Futsal Menjadi 4 Besar Asia
PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui produk Hydro Coco berkolaborasi dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI)...
Kalbe Gelar Grand Final Hydro Coco Cup 2017
PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui brand Hydro Coco menggelar grand final Hydro Coco Cup National Futsal...
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password