Dari Indonesia Futsal League Sampai Pro Futsal League

Dari Indonesia Futsal League Sampai Pro Futsal League

Liga futsal Indonesia atau Pro Futsal League (PFL) telah bergulir hingga saat ini. PFL merupakan kelanjutan dari liga futsal yang telah digelar sejak 2006 dengan sebelumnya bernama Indonesia Futsal League (IFL) yang diselenggarakan oleh Badan Futsal Nasional (BFN).

PFL telah melibatkan 16 tim, yang dibagi ke dalam dua wilayah, yaitu Barat dan Timur. Sejauh ini, Electric PLN menjadi tim yang mendominasi di liga futsal Indonesia. Tim yang berciri jersey berwarna kuning ini telah berhasil ‘menyetrum’  lawan-lawannya di tiga edisi untuk menjadi kampiun.

Berikut perjalanan liga futsal Indonesia sejak 2006:

Biangbola (IFL 2006/2007)

0000082125

Foto/Istimewa

Pada tahun 2006 IFL untuk pertama kali bergulir. Tim peserta hanya diikuti oleh enam klub profesional, yaitu Biangbola Jakarta, Cosmo FC Jakarta, Mastrans Jakarta, Yogyakarta Electric, Pro Duta Bandung, dan SWAP Futsal Bogor.

Pada edisi perdana, Biangbola sukses menjadi jawara IFL 2006/2007 setelah menundukkan Manstrans di final dengan skor 3-2. Biangbola di bawah arahan pelatih Yudo Hadijuanto saat itu diperkuat beberapa eks timnas futsal Indonesia seperti Deny Handoyo dan penjaga gawang Abu Bakar.

Electric PLN (IFL 2008)

3461352p

Foto/Kompas

Juara bertahan Biangbola harus gagal untuk meraih gelar kedua kalinya setelah dikalahkan oleh Electric PLN dengan skor 2-1 di Hall A Gelora Bung Karno, Jakarta.

Perjalanan PLN sampai menuju final terbilang mulus karena Andri Irawan dkk tidak pernah menelan kekalahan sejak IFL bergulir. Skuad PLN memunculkan nama bintang baru dan berlabel timnas futsal Indonesia seperti kiper Yos Adi, Andre Picessa, Andri Irawan, Jaelani Ladjanibi, Dede Sulaiman, dan Socrates Matulessy.

Electric PLN (IFL 2009)

news-ifl09elbi-1

Foto/FutsalPlanet

Debut pelatih anyar Electric PLN, Andri Irawan sangat gemilang. Pasalnya, Mantan kapten timnas futsal Indonesia itu sukses mempertahankan gelar setelah hattrick pemain berdarah Tulehu, Hairul Saleh Ohorella menundukkan Biangbola dengan skor 4-2 di Istora Senayan, Jakarta.

news-ifl09elbi-22

Topas Pamungkas/Foto Futsal Planet

Selain itu, Topas Pamungkas dan Ade Lesmana sempurnakan timnya dengan meraih sebagai pemain dan kiper terbaik IFL 2009.

Harimau Rawa (IFL 2010)

liga-futsal-indonesia

Foto/Arenaku

Tren positif Electric PLN terhenti oleh tim pendatang baru, Harimau Rawa Riau. Setelah dalam partai final mengalahkan Electric PLN 11-10 melalui adu penalti di Stadion Tenis Indor Gelora Bung Karno, Jakarta.

Kemenangan tersebut membuat skuad asuhan Ricardo Ponalya berhak tampil di kejuaraan Asia antar klub di Qatar pada 2011 lalu. Kala itu nama Vennard Hutabarat muncul sekaligus menjadi pemain andalan Harimau Rawa.

IPC Pelindo II (IFL 2011)

dsc00778

Foto/Swap

Pelindo sukses menyabet tahta IFL 2011 sekaligus menjadi jawara baru setelah membungkam Electric PLN 2-1 di Istora Senayan, Jakarta. Kombinasi pemain junior dan senior dari Pelindo meyakinkan timnya sebagai penguasa baru Liga Futsal Indonesia.

Nama – nama yang sudah tidak asing lagi seperti Jaelani, Socrates, Caisar Silitonga, dan Hairul Ohorela menjadi aktor penting di dalam tim.

IPC Pelindo II (IFL 2012)

IPL-PELINDO-FUTSAL

Foto/Tribun News

Quattrick Randy Satria membawa gelar Pelindo untuk kedua kalinya setelah menghempaskan Futsal Kota Bandung (FKB) 4-3. Pemain asal Sumatera Barat itu mencetak gol penentu melalui secondspot dengan mengecoh penjaga gawang Agus Irwan.

Electric Cosmo PLN (IFL 2013)

Electric-Cosmo-PLN-Juara-IFL-2013

Foto/Mesingol

Electric Cosmo PLN membutuhkan tiga musim untuk mengakhiri penantian mahkota juara IFL 2013.Di final, Cosmo PLN memecundangi FKB 2-1 di Istora Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta.

Di eranya, pelatih Wahyudin sukses melahirkan talenta muda seperti Karami Balfas, Tely Sarendra, dan Ardy Dwi Suwardi.

IPC Pelindo (FSL 2015)

CHdtWO2UwAIQZCx

Foto/Istimewa

Liga futsal Indonesia berganti nama pada 2015. Itu setelah IFL 2014 tidak digelar. Di edisi pertama FSL, IPC Pelindo memastikan diri keluar sebagai jawara FSL dengan membantai Pinky Boys Makassar 7-0.

 

Bayu Qolyubi

Baca juga:
Inilah Pembagian Grup dan Jadwal Piala AFF Futsal 2015
2 hari lagi AFF Futsal Championship 2015 akan dimulai. Turnamen se ASEAN tersebut akan digelar di Bangkok...
Ranking Futsal Indonesia Menurun
Ranking futsal Indonesia kali ini harus puas turun ke peringkat 50. Pada sebelumnya, Indonesia sempat...
Mengintip Strategi Defence Biangbola Kaltim
Pekan ke-5 Wilayah Barat Pro Futsal League (PFL) 2016 pada 2-3 April lalu, menghasilkan pertandingan...
Peringkat Futsal Indonesia Turun Drastis Pasca AFF
Pasca mendaparkan rapor merah dari AFF Futsal Championship Januari lalu, Indonesia mengalami penurunan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password