Community : Tatajongan FC, Bukan Sekedar Klub Komunitas

Community : Tatajongan FC, Bukan Sekedar Klub Komunitas

Oleh : Bayu Qolyubi

Sepakbola, ya sepakbola memiliki peranan penting dan dapat mengumpulkan banyak orang dari berbagai latar belakang. Semua publik, terutama kaum adam pasti memiliki hobi yaitu, sepakbola.

Sepakbola merupakan media untuk melahirkan suatu kegiatan yang pastinya dicari orang untuk menciptakan komunitas. Para pecinta sepak bola tentu sudah tidak asing dengan komunitas yang mendukung suatu tim kesayangannya.

Para komunitas tentunya mengadakan nobar pertandingan, fun football  atau futsal antar komunitas. Kali, ini redaksi Futsal Zone menemukan sebuah klub sepakbola komunitas asal Bandung, yakni Tatajongan FC.

Berawal dari keisengan, mereka yang rata-rata lulusan asal Universitas Padjajaran (UNPAD) sering mengadakan fun futsal. Berbagai jurusan turut serta bergabung dengan Tatajongan FC.

“Iya awalnya Tatajongan terbentuk hanya segelintir orang-orang yang ingin merasakan sepakbola dilapangan yang bagus,” tukas, Stevan Alif Pratama salah satu pengurus Tatajongan FC.

Disaat mereka sedang berada dititik jenuh dengan futsal, muncul suatu siasat untuk mencari suasana baru. Ya, jelas sudah banyaknya lapangan sepakbola modern di kota Kembang membuatnya Stevan cs, ingin beralih dari futsal ke sepakbola.

“Kami hanya modal nekat yang awalnya dari 8 personel terus kami maksa-maksa ngajak orang lain buat ngajak main bareng tapi itu susah banget dan sampai pada akhirnya mereka yang mencari kita,” Kata Luthfy, selaku penggerak Tatajongan FC.

Tatajongan FC yang berdiri sejak 28 Januari 2017 sudah memiliki sekitar 202 member yang tercatat di sebuah chat grup.  Pada setiap hari Minggu, sekitar 66 member maupun non member berantusias untuk ikut fun football dengan Tatajongan di lapangan Lodaya, Bandung.

Persyaratan untuk bergabung dengan Tatajongan sangatlah mudah dan tidak kompleks. Komunitas ini pun sangat terbuka untuk segala kalangan umur.

Foto : Tatajongan FC

“Hampir semua kalangan dari berbagai jenis pekerjaan dan usia juga ada. Ada juga anak SMP pernah gabung sampai bapak-bapak juga ikut gabung.”

Hingga kini, nama Tatajongan melambung besar berkat kegiatan fun football-nya. Efek sosial media sangat mempengaruhi namanya hingga banyak orang ingin bergabung.

Foto : Tatajongan FC

Bahkan Tatajongan FC sampai ikut serta di kompetisi antar komunitas yakni, Bandung Premier League (BPL). Munculnya BPL pun banyak melahirkan komunitas sepakbola yang ingin menunjukkan tajinya.

“Awalnya kami ikut liga Ramadhan yang tanpa persiapan dan pemain dengan seadanya. Akhirnya dapat kabar ada BPL (Bandung Premier League) dan kemudian kami dengan modal nekat ikut bergabung.”

Tak hanya itu, mereka memiliki rencana kedepan untuk membentuk sebuah sekolah sepakbola di usia dini. Namun, hal tersebut masih sebuah planning kedepan.

“Iya kami dan pengurus suka mengadakan meeting untuk merencanakan program apa yang akan kami lakukan kedepannya. Untuk membentuk SSB tentunya tidak mudah, banyak yang harus kami tempuh terutama dari segi sponsor,” Tutup.

Bagi yang ingin bergabung khususnya area Bandung sekitar, kalian bisa follow akun Instagramnya Tatajongan FC dan channel youtube di Tatajongan FC.

Baca juga:
Mahasiswa Fikom Unpad Hadirkan Genetitas 2015 “Sepak Bola Dalam Cerita”
Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran yang tergabung dalam Lembaga Penerbitan Pers...
PROFIL : Talenta Muda di Kaum Hawa
Bermain futsal adalah hobi dari tiap berlapis masyarakat. Baik di lapangan futsal ataupun lapangan outdoor,...
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Ini Hal Yang Dapat Menaikkan Pamor Futsal
Oleh: Fajar Aprilian Futsal? Apa itu futsal? Sebagian orang awam pasti hanya tahu bahwa futsal merupakan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password