Resmi Latih Timnas Futsal Myanmar, Akankah Vic Memberikan Perubahan Besar?

Resmi Latih Timnas Futsal Myanmar, Akankah Vic Memberikan Perubahan Besar?

Dilansir dari aseanfootball.org, eks pelatih Timnas Futsal Indonesia itu resmi menukangi Timnas Futsal Myanmar.

Untuk ketiga kalinya Vic melatih tim nasional futsal dari negara Asean. Lalu, akankah Vic Hermans memberikan perubahan yang positif pada Timnas Futsal Myanmar?

Menilik dari hasil pertandingan Timnas Futsal Myanmar di tahun 2019, tim yang sebelumnya dilatih oleh Htay Mint selama enam tahun itu telah melakukan tiga ujicoba pada bulan September sebelum Piala AFF bergulir pada Oktober 2019.

Tidak ada satupun kemenangan yang diraihnya setelah dikalahkan oleh Cina, Mexico, dan Malaysia.

Melihat track record penampilan Timnas Futsal Myanmar di Piala AFF Futsal pun cukup menarik. Terutama dari empat tahun belakangan ini.

Pada Piala AFF Futsal medio 2016, Myo Myint Soe cs harus puas dengan gelar runner up kala ditundukkan oleh Timnas Futsal Thailand dengan skor 1-8. Ini merupakan pencapaian terbaik Timnas Futsal Myanmar selama Piala AFF Futsal bergulir sejak 2001.

Di tahun 2017, Negara yang sebelumnya dikenal dengan nama Burma ini sedikit mengalami penurunan dan hanya menduduki peringkat ketiga.

Tapi, ada satu hal yang patut diingat kembali pada Piala AFF Futsal 2017. Timnas Futsal Myanmar pernah menundukkan Timnas Futsal Indonesia dengan skor 3-2 dimana kala itu Bambang Bayu Saptaji cs ditukangi oleh Vic Hermans.

Pada AFF Futsal 2018, Timnas Futsal Myanmar gagal lolos ke semifinal dan hanya nangkring pada babak grup. Kembali pada tahun 2019, Timnas Futsal Myanmar kembali menunjukkan tren positifnya.

Setidaknya Timnas Futsal Myanmar selalu lolos dari babak semifinal dan menduduki peringkat keempat setelah ditundukkan oleh Timnas Futsal Indonesia dengan skor 3-4 pada perebutan tempat ketiga.

Terbukti, Timnas Futsal Myanmar adalah bukan tim sembarang yang dianggap remeh dalam empat tahun belakangan ini. Mereka hanya gagal sekali tembus semifinal pada Piala AFF Futsal 2018, yang digelar Yogyakarta, Indonesia.

Federasi Sepakbola Myanmar (MFF) mengambil langkah yang tepat untuk mendatangkan Vic Hermans yang memiliki segudang pengalamannya selama melatih futsal di benua Asia.

Htay Mint selaku eks pelatih Timnas Futsal Myanmar telah membuktikan selama enam tahun bahwa tim berjuluk The White Angels mampu berkembang secara perlahan.

Htay Mint juga dirasa sudah cukup dan mungkin untuk level dikancah Asia, dirinya belum mampu memberikan performa terbaik Timnas Futsal Myanmar pada Piala AFC Futsal Championship 2018 lalu.

Kehadiran Vic adalah solusi yang paling tepat untuk mengasah atau sedikit meramu Timnas Futsal Myanmar lebih baik lagi.

Rata-rata, pemain yang membela Timnas Futsal Myanmar berusia 21 hingga 30 tahun. Besar kemungkinan, Vic Hermans akan memanggil para pemain-pemain muda yang berusia 19 tahun keatas.

Diperkirakan, Timnas Futsal Myanmar besutan Vic Hermans mampu menjadi pesaing baru dari Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Dengan ini, peta kekuatan futsal di Asean akan semakin merata dan sulit diprediksi, menarik dan patut ditunggu.

Suka nulis apa aja. Tulis langsung yang ada di kepalamu..

Lost Password