Asep Sumpena: Kami Lebih Percaya Pada Pembinaan Tim Sendiri

Asep Sumpena: Kami Lebih Percaya Pada Pembinaan Tim Sendiri

Keberhasilan UPI ANTAM menjuarai Women Pro Futsal League (WFSL) 2015 tidak luput dari peran penting seorang pelatih. Asep Sumpena atau yang sering dipanggil dengan coach Ae adalah pelatih kepala dari UPI ANTAM.

Dalam menghadapi WPFL2016, tim-tim peserta mempersiapkan timnya sematang mungkin. Termasuk mengontrak beberapa pemain untuk membela timnya.

Tidak seperti tim dengan basis universitas lainnya yang mengontrak beberapa pemain dari luar kampus, coach Ae dan tim pelatih UPI ANTAM sepakat untuk memaksimalkan squad yang sudah dimilikinya saat ini. Coach Ae pun mengatakan bahwa timnya telah mempersiapkan pemain usia muda agar nantinya siap bergabung untuk membela UPI ANTAM dalam liga tertinggi Indonesia di tahun-tahun mendatang.

asep 3

 

Disela kesibukannya mengajar sebagai dosen Universitas Pendidikan Indonesia, tim Futsal Zone berhasil mewawancarai beliau mengenai tim yang dilatihnya. Berikut petikannya:

FZ: Berkaca dari tim lain peserta WPFL dengan basis universitas seperti UNJ, mereka mengontrak beberapa pemain dari luar, apakah coach melakukan hal yang sama? dan apa alasannya?

Coach Ae: Kami lebih percaya pada pembinaan tim sendiri. Untuk sementara ini kami masih mempertahankan skuad yang sama dengan tahun lalu. Kami lebih mempersiapkan tim agar kekuatan pemain di tiap lininya sama rata. Dengan begitu kerjasama dan kekompakan tim dapat lebih terjaga. Pembinaan dan proses lebih ditekankan kepada pemain. Pemain baru belum tentu dapat beradaptasi dengan cepat.

FZ: Berarti sampai saat ini coach belum berniat melakukan seleksi terbuka untuk memilih pemain?

Coach Ae: Kami bersama manajemen belum berniat, dikarenakan pemain kami banyak dan memiliki potensi jika diasah dan dibina dengan baik.

FZ: Bagaimana dengan regenerasi pemain? Apakah coach akan memilih pemain senior walaupun sudah alumni atau melakukan regenerasi terhadap pemain junior untuk liga-liga selanjutnya?

Coach Ae: Kami sudah memulai regenerasi tim. Kami mempunyai diklat usia muda diantaranya anggota tingkat SMA dan mahasiswa tingkat awal. Tim saat ini merupakan wadah bagi alumni yg masih aktif bermain dan gabungan dengan mahasiswa yg sudah layak untuk tampil di liga pro.

FZ: Apakah ada trik tertentu sehingga coach bisa menghasilkan pemain-pemain yang dapat dinilai berkualitas dan tim yang sarat prestasi?

Coach Ae: Nampaknya tidak ada trik khusus. Kami berlatih berdasarkan kemauan dan kebutuhan yang didasarkan pemahaman pemain. Saya tidak bekerja sendiri, kami punya tim pelatih yang satu dengan yang lainnya dan mempunyai tugas yang berbeda untuk menciptakan pemain sehingga dapat berkontribusi bagi negara melalui timnas.

FZ: Apa target coach untuk liga pro tahun ini?

Coach Ae: target kami mempertahankan gelar juara WPFL tahun 2015 dengan penampilan yang lebih baik.

FZ: Apakah ada pesan yang ingin disampaikan untuk pemain futsal putri di Indonesia?

Coach Ae: Tetap semangat dan tetap berlatih walaupun dunia sepakbola dan futsal di Indonesia sedang di suspend oleh FIFA. Semoga segera dicabut suspendnya dan futsal indonesia dapat berjaya di tingkat internasional.

PROFIL PELATIH
Nama: Asep Sumpena, M.Pd.
Sapaan: Ae
TTL: Bandung, 3 mei 1986
Tinggi: 173cm
Berat: 78kg
Hobi: Futsal
Karir klub: Futsal UPI ANTAM
Pekerjaan: staf pengajar di FPOK UPI
Pemain / pelatih Idola: Karimi (iran) / victor hermans
Prestasi: Juara 1 LIMA season 2014, Juara 1 LIMA season 2015, juara 1 WFSL season 2015, etc

Levina Maharani

FZ Futsal Journalism Online Class is sponsored by Supersubcloths

supersub 2

Baca juga:
UNJ Cosmir Siap Tekan UPI Antam
GOR Sudiang Makasar akan menjadi saksi duel UNJ Cosmir VS UPI Antam pada laga Women Pro Futsal League...
Tips : 7 Kunci Sukses Menjadi Pemain Anchor
Oleh : Harri Fajri Bagaimana memerankan tugas seorang anchor yang baik? Posisi anchor/cierre bertugas...
Menggali Tambang Emas UPI ANTAM
UPI ANTAM semakin mantap memimpin klasemen grup Timur pada Women Blend Futsal League (WBFL) 2016. Juara...
Deretan Pemain Senior Yang Memiliki Peran Penting di Pro Futsal League 2018
Oleh: Hasbiallah Pemain senior merupakan aktor penting bagi setiap tim di Pro Futsal League (PFL) 2018,...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password