Arif “Mou” Kurniawan: Juru Taktik Inspiratif dari Kota Depok

Arif “Mou” Kurniawan: Juru Taktik Inspiratif dari Kota Depok

Oleh: Muhammad Ainurfalah

Gelaran Liga Futsal Pro Indonesia 2018 telah usai, Vamos FC Mataram keluar sebagai juara pada kategori putra, sedangkan UPI Bandung menjadi juara pada kategori Putri. UPI Bandung yang berhasil mempertahankan gelarnya meski harus bersaing ketat dengan tim asal Kebumen, Kebumen Angels yang diisi oleh pemain-pemain berpengalaman.

UPI Bandung yang dilatih oleh Coach Arif “Mou” Kurniawan menampilkan permainan yang efektif dan enak untuk dinikmati, selain dipimpin oleh Kapten Tim penuh pengalaman, Novita Murni Piranti, UPI juga dikenal memiliki dua paketan tim yang selalu siap untuk ditampilkan pada setiap pertandingan.

Racikan hebat dari Coach Arif “Mou” juga tak lepas dari kehidupan pribadinya yang tidak kalah menarik. Sempat mengawali karir sebagai Wasit, pelatih asal Kota Depok ini sempat membesut tim lokal Depok, Lerina FC, hingga membuat Akademi Futsal, Arif Kurniawan Futsal Academy.

Sekarang, pelatih yang baru saja merayakan ulangtahun ke-34 nya ini sudah berhasil membawa UPI Bandung finish pada posisi pertama WPFL 2018, setelah musim lalu berhasil membawa Permata Indah Manokwari finish di peringkat kedua sekaligus mewakili Indonesia pada ajang AFF Club Championship 2017.

Mantan pelatih Libido FC ini mengungkapkan untuk menciptakan tim yang kondusif, pelatih perlu melakukan pendekatan kepada setiap pemain agar saling mengenal karakter satu sama lain.

“Saya ga menutup diri untuk datang ke kamar setiap pemain. Setelah kita tau karakter satu sama lain, akhirnya kita ada sifat saling menjaga dan chesmitry tim terbentuk dengan baik,” papar pelatih yang terinspirasi oleh sosok Jose Mourinho ini.

Lebih jauh ditanyakan tentang apakah ia mengidolai Jose Mourinho yang akhirnya tersemat di belakang namanya, Arif “Mou” menjelaskan bahwa ia terinspirasi oleh Mourinho dari cara Mourinho mengatur timnya agar tetap fokus setiap pertandingan.

“Idola saya tetap Nabi Muhammad S.A.W , buat saya, Mourinho memiliki latar belakang bukan dari pemain, begitupun saya. Karakter yang tidak dimiliki oleh pelatih lain adalah optimismenya. Optimisme dan Sombong kadang berbeda tipis, harusnya dibidang olahraga hal seperti memprediksi akan menang adalah sebuah optimisme. Mourinho juga sering sengaja membuat ulah agar media terfokus pada dirinya bukan kepada pemainnya, karena itulah pemainnya dapat fokus dengan pertandingan,” pungkasnya menambahkan.

Arif “Mou” mengungkapkan dirinya percaya bahwa perkataan adalah sebuah do’a: “Saat saya ditunjuk untuk menggantikan sementara pelatih UPI saat menghadapi Jaya Kencana Angels musim lalu, saya mengatakan tidak menutup kemungkinan tim Putri ataupun tim UPI Bandung ini. Sama halnya terjadi saat Manajemen Permata Indah Manokwari menjelaskan ke saya, target musim 2017 adalah final four, saya berkata ‘oke, target manajemen final four, tapi target pribadi saya adalah masuk final’ dan alhamdulillah, omongan adalah doa, Permata masuk final meski kalah. Kadang saya berpikir kenapa tidak buat target juara satu aja ya.”

Pelatih asal Depok ini masih berhasrat untuk menjadi juara dengan tim Putra. “Yang pasti masih, jika Allah S.W.T meridhoi saya melatih tim putra lagi, saya mau sandingkan gelar, kemarin saya juara 1 di putri dan kalau Allah S.W.T ridhoi bisa juara 1 di putra juga,” tutupnya sambil tersenyum.

Semoga terus bisa berprestasi dan menginspirasi banyak orang ,Coach Arif “Mou” Kurniawan! Bravo Futsal Indonesia!

Foto: @arifmou

Baca juga:
Vamos Academy: Jalan Menjadi Pemain Profesional
Baru-baru ini, salah satu tim profesional asal Mataram Vamos, memperkenalkan akademi futsal yang bernama...
Layak Timnas: Siti Latipah Nurul “Uyung” Inayah
Oleh: Muhammad Ainurfalah Women Pro Futsal League (WPFL) 2018 sudah melewati seri kedua, Jaya Kencana...
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Vamos di AFC 2017: Kurang Adaptasi atau Masalah Mental?
Oleh Alhimni Rusdi Perjalanan Vamos Mataram di AFC Futsal Club Championship 2017 diakhiri dengan kemenangan....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password