Andai Ada Perang Bintang di Pro Futsal League

Andai Ada Perang Bintang di Pro Futsal League

OLEH: Fajar Aprilian

Pro Futsal League musim 2019 telah berakhir. Selama kurang lebih 5 bulan seluruh pencinta futsal di tanah air telah disuguhkan sajian yang tak hanya menarik dan menghibur, tapi juga mendidik melalui kompetisi kasta tertinggi di Indonesia.

Babak final dan pertandingan final tentunya menjadi klimaks dimana tim-tim dan pemain terbaik melakoni pertandingan penuh skill, perjuangan dan drama yang secara tidak langsung menjadi promosi yang positif bagi olah raga futsal di Indonesia.

Namun, sebetulnya ada hal yang menarik yang bisa digunakan untuk menambah keseruan, dan membuat kompetisi futsal professional menjadi lebih menarik, yakni dengan menyelenggarakan partai perang bintang. Partai perang bintang atau all-star match pernah dilakukan dikompetisi sepakbola Indonesia ketika masih menggunakan sistem kompetisi 2 wilayah, ada dua tipe perang bintang di Indonesia, yang pertama adalah pertandingan antara 2 tim yang berisikan pemain-pemain terbaik dimasing-masing wilayah, lalu ada juga pertandingan antara pemain-pemain pilihan dikompetisi melawan sang juara dimusim tersebut. Dan kompetisi futsal tanah air pun bisa menyelenggarakan partai seperti itu.

Perang bintang memang bisa dibilang tidak terlalu penting karena tidak akan menentukan siapa yang menjadi juara di kompetisi sebenarnya, tapi perang bintang punya nilai lebih lain yang bisa didapat.

PERANG BINTANG SEBAGAI DAYA TARIK

Dengan diselenggarakannya perang bintang, dimana laga tersebut diisi pemain-pemain yang memang bermain sangat baik selama kompetisi berlangsung, pastinya bakal menyuguhkan partai yang seru dan sangat menarik dengan mempertontonkan skill dan tehnik tingkat tinggi dari para pemain. Dengan disuguhkan pertandingan antara pemain-pemain berkualitas bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Bayangkan penonton bisa menyaksikan BBS, Andri Kustiawan, Runtuboy dan Albagir bisa bermain dalam satu tim layaknya Timnas padahal bukan dalam rangka membela panji Garuda, ditambah pemain-pemain asing di grup A yang juga bermain dengan bagus sepanjang kompetisi seperti Natawut dan Jetsada di Blacksteel dan Fineo juga Neto di IPC Pelindo II. Ditandingkan melawan pemain-pemain hebat lainnya digrup B, seperti Malvin Alexa, Syahidan Lubis dan Zakariya Anwar dipadukan dengan pemain-pemain asing seperti Ali Abeedin, Said Bouzambou dan Khalid El-Hattach, akan sangat seru pastinya jika dipertandingan seperti ini digelar.

Masyarakat bakal semakin antusias, dan apabila partai seperti itu digelar, mereka juga bakal lebih memperhatikan perkembangan jalannya kompetisi, sehingga mereka mempunyai penilaian tersendiri mengenai pemain-pemain mana saja yang menurut mereka layak masuk sebagai pemain-pemain terbaik sepanjang kompetisi.Sehingga masyarakat punya satu pertandingan lain yang bisa mereka tunggu-tunggu selain final four dan partai final. Selain itu, para pemain yang bermain diklub kecil / diklub yang berada dipapan bawah bahkan harus terdegradasi namun penampilan mereka sepanjang kompetisi sangatlah bagus bisa mendapatkan ‘panggung’ yang lebih besar.

MENGGALANG DANA DARI PERANG BINTANG

Dengan diselenggarakannya perang bintang, antusiasme penonton bertambah, perhatian pun menjadi lebih meningkat, sehingga laga ini bisa sebagai penggalangan dana untuk nantinya disumbangkan kepada yang lebih membutuhkan, entah itu korban bencana, panti asuhan, dll.

Bentuk penggalangan dananya bisa melalui website dan juga hasil penjualan tiket pertandingan. Selain itu, para pemain yang berlaga atau bahkan bisa juga melibatkan semua pemain dan mantan pemain professional untuk menyumbangkan barang-barangnya untuk dilelang sehingga nanti hasil penjualannya bisa digunakan untuk bantuan dana tadi.

Futsal menjadi lebih bermanfaat, dan lebih menyentuh masyarakat, dan bahwa bisa membawa pesan bahwa futsal dan berbagai manfaatnya bisa juga dirasakan oleh mereka yang kurang mampu.

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Ini Hal Yang Dapat Menaikkan Pamor Futsal
Oleh: Fajar Aprilian Futsal? Apa itu futsal? Sebagian orang awam pasti hanya tahu bahwa futsal merupakan...
Duet Kalbe dan FFI Wujudkan Target Timnas Futsal Menjadi 4 Besar Asia
PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui produk Hydro Coco berkolaborasi dengan Federasi Futsal Indonesia (FFI)...
Tundukkan Futsalogy, FC Libido Juara Mini Tournament 2015
Keperkasaan Futsalogy National All Star dalam dua pertandingan awal Mini Tournament Futsal Indonesia...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password