Analisis : “Jurus” Andalan Adom Manfaatkan Kesalahan Posisi Badan Suphawut

Analisis : “Jurus” Andalan Adom Manfaatkan Kesalahan Posisi Badan Suphawut

Oleh: Annasa Fajar Gumilang

Sebelum pertemuan kedua melawan Bintang Timur Surabaya (BTS) Minggu (11/3) di GOR 17 Desember Lombok, Black Steel Manokwari merupakan satu-satunya tim Pro Futsal League (PFL) 2018 yang belum pernah mengalami kekalahan.Mereka berhasil bertengger di posisi satu klasemen dengan 6 kali menang dan 1 kali seri pada putaran pertama. Namun rekor itu tumbang kala menghadapi BTS yang kedua kalinya dengan skor 3-2.

Pada pertandingan ini, dari menit pertama laga langsung terjadi dengan intensitas yang cukup tinggi. Menariknya laga tidak terlepas dari pemain asing kelas dunia yang dimiliki kedua tim. Blacksteel dengan duo Thailand Suphawut Thueanklang dan Kritsada Wongkaeo, sedangkan BTS mendapat tenaga baru dari debut pemain Jepang yaitu Kaoru Morioka dan Tomoaki Watanabe.

Terlepas dengan pertandingan lain, Blacksteel memang kerap mengalami kesulitan setiap menghadapi BTS. Satu hasil seri pada putaran pertama pun didapat kala menghadapi tim asal Jawa Timur tersebut.  Pertandingan babak pertama berkesudahan dengan skor sama kuat 0-0. Sengitnya pertarungan babak pertama berlanjut hingga waktu menginjak menit 36 dengan skor 2-2, gol Blacksteel dicetak Guntur Sulistyo dan Suphawut, sedangkan gol BTS dicetak pemain Papua Yerry Mambraku dan Jhon Gotlief. Watanabe berhasil menjadi pembeda dengan golnya menit 39.

Posisi Badan Suphawut Yang Memberi Celah Untuk Adom.

Tak usah dipertanyakan lagi, laga ini memang menarik hingga akhir pertandingan terbukti dengan skor akhir yang tipis. Namun BTS yang sangat membutuhkan poin agar tetap bisa bersaing cukup cerdik memanfaatkan situasi pertandingan pada menit akhir. Aktor utama kemenangan BTS adalah Andriansyah ‘Adom’ Agustin.

Pada menit ke 39’ Adom berhasil melakukan “Jurus” andalannya (tekuk kanan shooting) dan melakukan akselerasi ke sisi kiri pertahanan Blacksteel.Adom juga sekaligus melewati Suphawut sebelum melakukan throughpass ke Watanabe yang berdiri bebas dan berbuah gol. Pada proses ini kapten Timnas Indonesia dengan cerdik memanfaatkan kesalahan posisi badan Suphawut.

Gambar 1

Pada Gambar 1, alih-alih mencari rekan-rekannya berada, Adom lebih memilih memperhatikan posisi badan Suphawut yang kedua kakinya sejajar kesamping. Posisi berdiri Suphawut pun tidak terlalu menjaga kedalaman, hal ini membuat Adom memiliki beberapa jalur atau opsi untuk melakukan akselerasi (Gambar 2).

Gambar 2

Tidak sampai disitu, posisi kaki sejajar kesamping Suphawut ini bisa berdampak negatif setelahnya. Benar saja, Suphawut kalah langkah dan tidak memiliki start untuk mengantisipasi penetrasi Adom. Pada Gambar 3, Suphawut harus memutar badannya terlebih dahulu untuk mengejar Adom yang memiliki kuda-kuda berlari yang lebih siap.

Gambar 3

Akselerasi Adom sebetulnya bisa diantisipasi dengan cover defense yang baik. Namun dengan kecerdikan para pemain BTS membuka ruang, membuat Kritsada yang paling memungkinkan melakukan cover-pun terlambat (Gambar 4). Hasilnya, Adom bisa dengan leluasa memberikan througpass kepada Watanabe yang berdiri bebas dan mencetak gol. Gol yang cukup memberikan kekalahan perdana Blacksteel Manokwari.

Gambar 4

Memang kita tidak bisa mengatakan defense Blacksteel melakukan kesalahan atau tidak, karena setiap tim memiliki cara bermain yang berbeda-beda.

Gimana menurutmu? Setuju atau tidak? Apa kalian punya analisis lain? Mari beropini.

Baca juga:
Lolos Final Four, Ini Fakta Menarik Black Steel
Black Steel Manokwari berhasil lolos ke babak Final Four Pro Futsal League (PFL) 2016, setelah dengan...
Donzol Berbicara Tentang Pemain Asing di PFL
Oleh: Annasa Fajar Gumilang Pro Futsal League (PFL) 2018 telah memasuki musim baru. Kini gelaran futsal...
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Blacksteel vs BTS: Laga Ketat nan Menghibur
Pertandingan ketiga yang di gelar di GOR POPKI Cibubur (14/02/16) malam antara Black Steel Monokwari...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password