Ahmad “Amed” Muqofi: Sukses Berkat Doa Ayah

Gelaran Pocari Sweat Futsal Championship (PSFC) 2015 yang dilaksanakan pada sabtu (21/11) di Gor C-Tra Arena Bandung lalu, menetapkan SMAN 18 Bandung sebagai Juara. Pada partai puncak, anak-anak Bandung berhasil mengalahkan juara bertahan SMAN 4 Jayapura melalui adu penalty dengan skor 5-4.

Gelar juara ini juga menjadikan tim futsal SMAN 18 Bandung sebagai peraih gelar terbanyak. Tim asuhan Bisuk Avilla Renato ini  meraih gelar PSFC yang kedua kali setelah pada tahun 2013 juga keluar sebagai kampiun diajang yang sama.

IMG-20151127-WA0018

Rentetan prestasi yang telah ditorehkan tim yang biasa disebut Eighteen Futsal itu tidak terlepas dari sosok pemain mungilnya yaitu Ahmad Muqofi Nadzir.

Ahmad lahir di Ciamis Jawa Barat pada tanggal 28 September 1998. Bersama Saeful Efendi, pemuda yang biasa disapa Amed ini menjadi salah satu talenta potensial yang dimiliki futsal Indonesia. Bagaimana tidak, berkat penampilan apik yang diperagakannya, pengidola pemain Electric PLN Avip itu sering diganjar gelar Best Player di beberapa ajang yang ia ikuti.

Menjadi pemain futsal bukan minat awal pemain bernomor punggung 7 itu. Dia mengaku punya cita-cita sebagai pemain sepakbola. Bahkan ia sempat bergabung dengan tim Persib U-15.

“Awalnya tidak begitu minat futsal.  Karena saya ingin main sepakbola dan terlanjut masuk U-15 Persib. Bahkan, saya juga sempat dipanggil diklat Persib,” ujarnya kepada tim redaksi Futsal Zone Indonesia.

Menjadi pemain muda potensial seperti sekarang bukan perkara muda bagi Amed. Rintangan berat harus dihadapi Amed ketika ekonomi keluarga mendapat masalah sehingga harus pindah ke Bekasi. Hal ini juga yang membuat pemain tim amatir Futsal Plus itu berganti haluan ke dunia Futsal.

“Nah, saat dipanggil diklat Persib, keadaan ekonomi keluarga saya kurang baik dan membuat kami harus pindah ke Bekasi. Saya jadi tidak hadir ke PPI tempat diklat karena tidak punya ongkos, bahkan saya harus menumpang tinggal di tempat teman,” lanjutnya.

“Beruntung ada beasiswa dari pelatih SMAN 18 untuk ikut Futsal Plus (tim amatir Bandung). Di sini saya mendapat beasiswa untuk biaya sekolah dan kuliah. Akhirnya saya stop di sepakbola dan mendalami futsal di Futsal Plus  sampai sekarang,” ungkap Amed.

IMG-20151127-WA0021

Menurut siswa kelas 12 ini, futsal merupakan gaya hidup dan sebuah anugerah yang diberi Tuhan. Pasalnya, tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama seperti dirinya. Dari futsal, Amed juga bisa sedikit membantu keluarganya keluar dari masa krisis.

“Futsal itu gaya hidup dan anugerah yang diberikan tuhan. Karena talenta menjadi atlet tak bisa didapatkan semua orang. Dengan futsal,kondisi keluarga sekarang sudah membaik. Keluarga juga mendukung 100%,” katanya.

Ditanya soal momen yang paling berkesan, pria 17 tahun itu memilih ajang PSFC 2015 sebagai momen terbaik dalam karirnya hingga saat ini. Kegagalan pada gelaran PSFC tahun lalu oleh SMAN 4 Jayapura terbayar lunas.

IMG-20151127-WA0019

“Momen paling berkesan waktu mengalahkan Papua. Meskipun berat, tapi dendam terbalaskan setelah kalah di 3 detik terakhir babak 8 besar pada Pocari Sweat tahun lalu,” ujar Ahmad mengingat lagi momen berharga itu.

Terlepas dari banyak pihak yang berjasa untuk karirnya, sosok Ayah yang paling membuat pemain kebanggaan Eighteen futsal itu menjadi seperti sekarang. Doa dan dukungan kepada dirinya tidak pernah terputus walaupun disekat oleh jarak yang cukup jauh.

“Sosok paling berpengaruh adalah Ayah saya. Setiap jadwal mau tanding dia telepon selalu mendoakan dan memberi motivasi. Meskipun jauh tapi kata-katanya yang selalu bikin semangat,” pungkasnya.

Annasa Fajar Gumilang

Baca juga:
Dari Indonesia Futsal League Sampai Pro Futsal League
Liga futsal Indonesia atau Pro Futsal League (PFL) telah bergulir hingga saat ini. PFL merupakan kelanjutan...
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
SMAN 18 Bandung Tawarkan Beasiswa Futsal
Tim Juara Pocari Sweat Futsal Championship (PSFC) 2015 SMAN 18 Bandung membuka beasiswa atlet untuk calon...
SMAN 16 Bandung Pede Jadi Juara PSFC 2016
Tim futsal SMA Negeri 16 Bandung pede meraih gelar juara Pocari Sweat Futsal Championship (PSFC) 2016....

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password