Agar terhindar Cedera, Ini 3 Perlengkapan Penting Buat Kiper Futsal

Agar terhindar Cedera, Ini 3 Perlengkapan Penting Buat Kiper Futsal

Oleh: Adhitya Fajar Dwi Nugraha

Dalam permainan futsal, seorang kiper mempunyai peran yang sangat penting untuk menjaga gawangnya supaya tidak kebobolan oleh tim lawan. Tak hanya gawang yang perlu dijaga tapi sang kiper juga perlu menjaga dirinya sendiri dengan menggunakan berbagai perlengkapan tempur untuk melindungi dirinya dari cedera.

Apa saja perlengkapannya?

Berikut beberapa perlengkapan yang biasa digunakan kiper dalam olahraga futsal:

  1. Shin guard

Shin guard adalah bantalan pelindung yang sangat penting untuk menjaga tulang kering. Biasanya dipasang minimal 5 cm di bawah lutut. Shin guard yang dipakai penjagagawang haruslah ringan tapi bisa melindungi kaki. Biasanya jenis yang digunakan ialah yang tidak terlalu banyak bantalannya agar tidak mengganggu kenyamanan.

Memilih ukuran shin guard yang tepat juga tidak kalah penting. Biasanya hal ini disesuaikan dengan tinggi badan sang kiper. Hal terpenting yang perlu diperhatikan ialah memilih shin guard yang mampu menutup dengan baik area di antara pergelangan kaki dan lutut.

2. Knee pad dan elbow pad

Knee pad digunakan untuk melindungi lutut, sedangkan elbow pad digunakan untuk melindungi siku. Kedua alat pelindung ini digunakan untuk melindungi bagian tubuh tersebut dari benturan keras yang bisa mengakibatkan cedera. Selain itu, alat pelindung ini juga membantu mengurangi rasa nyeri jika benturan terjadi.

3.Finger tape

Perlengkapan kiper futsal yang terakhir yang tak kalah pentingnya ialah finger tape yang biasa digunakan para kiper sebagai pengganti sarungtangan. Finger tape biasanya digunakan di beberapa jari tertentu, seperti jari manis dan jari tengah di ke dua tangan atau sesuai kebutuhan dan kenyamanan sang kiper.

Finger tape berfungsi untuk melindungi jari kiper dari cedera dan keseleo. Menggunakan finger tape membantu mencegah cedera dengan cara memberikan bantalan ekstra di jari dan mencegah tulang jari berpindah dari posisi normal (dislokasi) saat terjatuh atau memblok bola.

Mungkin itu saja sedikit informasi dan tips apa saja perlengkapan yang sangat penting untuk seorang kiper atau penjaga gawang futsal untuk menghindari cidera yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:
Cara Mudah Memilih Sepatu Futsal
Berolahraga kurang lengkap tanpa sepatu. Sepatu yang digunakan pun tak bisa asal pakai saja. Bahkan,...
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Ini Hal Yang Dapat Menaikkan Pamor Futsal
Oleh: Fajar Aprilian Futsal? Apa itu futsal? Sebagian orang awam pasti hanya tahu bahwa futsal merupakan...
7 Mitos Ini Sering Kita Temui di Dunia Futsal
Fenomena mitos di Indonesia tak hanya terjadi di lingkungan sehari-hari. Juga tak melulu berkaitan erat...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password