Ini Hal Yang Dapat Menaikkan Pamor Futsal

Ini Hal Yang Dapat Menaikkan Pamor Futsal

Oleh: Fajar Aprilian

Futsal? Apa itu futsal? Sebagian orang awam pasti hanya tahu bahwa futsal merupakan sebuah olahraga yang mirip dengan sepakbola, atau mungkin setidaknya mereka hanya tahu, bahwa futsal dimainkan 5 vs 5, selebihnya ya hanya orang-orang yang mendalami futsal-lah yang tahu. Tak aneh, mengingat futsal memang masih kalah populer dari sepakbola. Meskipun sebenarnya bisa dibilang futsal lebih sering dimainkan masyarakat ketimbang sepakbola, wajar saja, futsal yang bisa dimainkan hanya dengan 10 pemain lebih mudah dilakukan ketimbang sepakbola yang harus dimainkan oleh 22 pemain.

Namun tetap saja, futsal masih sangat kalah pamor ketimbang “olahraga induk”-nya tersebut.

Masyarakat umum mungkin kurang begitu familiar dengan Falcao dari Brasil dan Ricardinho dari Portugal, padahal bisa dibilang mereka adalah rajanya futsal didunia. Mereka masih kalah terkenal dengan Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang ketenarannya tak perlu diragukan lagi.

Lalu kenapa hal tersebut bisa terjadi ? Faktor paling besar adalah, futsal kurang begitu terekspose, kurang begitu terpublikasi.UCL-nya futsal kurang begitu terekspose, bahkan Piala Dunia Futsal pun kurang begitu diperhatikan, tak terkecuali oleh orang yang memang menyukai futsal sekalipun. Itu karena futsal tak terlalu banyak disiarkan media, tak terlalu banyak di ekspose media.

Futsal mungkin memang takkan pernah bisa mengalahkan pamor dari sepakbola, faktornya bisa jadi karena loyalitas para fans terhadap klub sepakbola favoritnya. Namun setidaknya, futsal haruslah mendapatkan lebih banyak publikasi lagi dari media, karena futsal sudah menjadi rutinitas olahraga bagi banyak orang, maka edukasi tentang futsal haruslah lebih digemakan.

Tak perlu jauh-jauh membahas futsal dunia, di Indonesia saja, futsal kurang begitu mendapat ekspose, padahal ketua Federasi Futsal Indonesia (FFI) saat ini adalah Hary Tanoesoedibyo, bos besar grup media mainstream di Indonesia, baik itu media televisi, koran, radio, dll. Liga Futsal Professional saja sebagai kasta tertinggi kompetisi futsal di Indonesia hanya disiarkan ditelevisi paling 1-2 pertandingan saja dalam sepekan, padahal jumlah pertandingan setiap pekannya bisa sampai 8-12 pertandingan. Jika dengan kondisi seperti ini, mau kapan futsal Indonesia maju ?

Publikasi Sebagai Edukasi

Memang menjadi faktor eksternal, tapi hal ini haruslah menjadi perhatian yang serius. Bagaimanapun juga, dengan lebih banyak, lebih seringnya pertandingan-pertandingan futsal professional disiarkan media, akan membawa dampak baik untuk perkembangan futsal itu sendiri. Selain untuk menambah antusiasme atas futsal, publikasi dimedia akan memberikan edukasi bagi para bibit muda futsal tanah air. Dengan disuguhkan pertandingan futsal tingkat professional, dan dipertontonkan skill dan tehnik diatas rata-rata dari para pemain, membuat para bakat-bakat muda tersebut bisa belajar, apalagi ditambah pengetahuan dari para komentator, bisa membuat mereka lebih paham seperti apa itu futsal, dan bagaimana bermain futsal yang baik dan benar.

Segencar apapun FFI, asosiasi didaerah-daerah, komunitas-komunitas futsal menyelenggarakan turnamen-turnamen dan pembinaan, tetap saja, tanpa dibarengi dengan suguhan pertandingan professional, itu tak akan cukup. Bibit muda perlu panutan, perlu role model, agar mereka punya acuan, seperti apa mereka harus bermain. Jangan sampai mereka yang ingin serius difutsal, yang mempunyai cita-cita ingin menjadi seorang atlet futsal professional, justru malah mengidolakan Bambang Pamungkas misalkan seorang pesepakbola, bukannya mengidolakan seorang pemain futsal professional, seperti Bambang Bayu Saptaji, Ardiansyah Runtuboy, atau Sunny Rizky yang memang sesuai bidangnya.

Publikasi Untuk Finansial

Selain untuk edukasi, publikasi di media mainstream seperti televisi sangat membantu untuk finansial klub. Bukan sekedar share rating / hak siar, publikasi dimedia mampu menambah nilai jual futsal itu sendiri. Dengan lebih sering terekspose, futsal menjadi lebih diperhatikan, lebih banyak khalayaknya, dan itu sangat membantu untuk menjual nama “futsal” itu sendiri.

Futsal memang kalah pamor dari sepakbola, futsal kurang begitu diperhatikan dan kurang begitu mempunyai khalayak yang besar. Untuk satu pertandingan saja, yang menonton futsal di arena futsal paling banyak 1000-2000 orang, bandingkan dengan sepakbola yang bisa disaksikan puluhan ribu penonton distadion, belum lagi penonton dirumah, yang menyaksikan lewat televisi. Itu kenapa sangat sulit mendapatkan sponsor untuk klub futsal.

Tapi bayangkan jika futsal lebih sering disiarkan ditelevisi, ketertarikan publiknya meningkat, khalayaknya bertambah, pasti membuat nilai jual futsal itu sendiri semakin meningkat, karena memang hal itu lah yang lebih diperhatikan para sponsor. Jika sudah seperti itu, mungkin kita bisa melihat kondisi keuangan klub yang sehat, tak perlu lagi ada klub-klub yang bermasalah saat kompetisi sedang berjalan, bahkan hingga mengundurkan diri sesaat sebelum kompetisi digulirkan.

Lihat saja di tahun 2016, kompetisi futsal begitu di ekspose media dengan lebih sering disiarkan di televisi, bahkan untuk pertandingan sekelas Pekan Olahraga Nasional (PON) ikut disiarkan, dampaknya apa? Antusiasme terhadap futsal benar-benar bertambah drastis, masyarakat mulai kenal beberapa pemain futsal professional, dan yang paling penting, sedikit-sedikit masyarakat mulai paham seperti apa itu futsal. Setidaknya, ketika masyarakat awam berbicara soal futsal, mereka tak lagi hanya berbicara soal sektor belakang atau pun depan, tapi mulai membicarakan Anchor, Flank, dan juga Pivot.

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Internasional Friendly Match : Tersaji Laga Duel Antara Falcao dan Ricardinho!
Duel laga para raja futsal akan tersajikan pada Internasional friendly match antara Brasil melawan Portugal...
Falcao Sepakat Gabung Premier Futsal India
Kabar mengejutkan datang dari Premier Futsal India. Pada Rabu (11/5) , kompetisi futsal di India tersebut...
5 Peran Kunci Penting Dalam Futsal Menurut Ricardinho
Ricardo Filipe da Silva Braga, atau biasa dikenal Ricardinho merupakan salah satu pemain bintang futsal...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password