AFF Futsal Club Championship 2018 : 4 Tahun Berjalan, 3 Tahun ‘Masih’ Gigit Jari

AFF Futsal Club Championship 2018 : 4 Tahun Berjalan, 3 Tahun ‘Masih’ Gigit Jari

Oleh : Bayu Qolyubi

Piala AFF Futsal Club Championship merupakan ajang turnamen futsal tingkat Internasional bergengsi antar ASEAN. Turnamen ini untuk kali pertama digelar pada tahun 2015.

Istora Senayan menjadi saksi bisu IPC Pelindo setelah merengkuh gelar perdananya di AFF Futsal Championship medio 2015. Caisar Silitonga cs menang dramatis atas wakil Malaysia, Felda United dengan skor 5-3.

Dengan hasil tersebut, IPC Pelindo mencatatkan sejarah sebagai tim futsal asal Indonesia yang meraih gelar pertama kali di Piala AFF Futsal Championship 2015. Perlu diketahui, walaupun AFF Futsal Club Championship digelar awal tahun 2015, AFF menyatakan ajang tersebut masuk pada edisi tahun 2014.

Raihan positif yang dipetik oleh IPC Pelindo membuat para pemain dan klub – klub futsal profesional lainnya bermotivasi untuk bersaing dan berkancah di turnamen Internasional Se-ASEAN atau Asia. Sayangnya, Kala perfutsalan Indonesia sedang membangun, federasi atau induk organisasi sepakbola Indonesia mendapatkan kabar buruk.

FIFA secara resmi memberikan hukuman kepada PSSI setelah terlahirnya dualisme federasi (PSSI kontra KPSI) yang membuat pemerintah (Kemenpora) melakukan intervensi. Hukuman tersebut membuat kegiatan Sepakbola nasional maupun futsal terpaksa terhenti dan mesti ‘gigit jari’ melihat negara tetangga berkompetisi di kancah Internasional.

Kendati demikian, kesempatan IPC Pelindo untuk menyabet gelar untuk kedua kalinya di Piala AFF Futsal Championship 2015 harus sirna. Rasa optimisme pastinya sudah tertanam di kepala para punggawa IPC Pelindo untuk mencatatkan namanya sebagai tim peraih gelar kedua di turnamen klub se-ASEAN. Apa daya, kesempatan emas itu terpaksa harus ‘gigit jari’.

Setelah sanksi PSSI dicabut oleh FIFA, seluruh kompetisi sepakbola maupun futsal kembali aktif. Jawara Pro Futsal League (PFL) 2015, Black Steel Manokwari menjadi klub Indonesia yang kedua mencicipi Piala AFF futsal antarklub 2016 edisi ketiga.

Dicanangkan target tinggi, Black Steel harus menyamakan prestasi IPC Pelindo. Alhasil, Black Steel harus puas duduk diperingkat keempat dan harus mengakui keunggulan tim tuan rumah asal Myanmar, MIC.

Pada Piala AFF Futsal Club Championship 2017, tim perwakilan Indonesia harus kembali ‘gigit jari’. Tim asal Manokwari, Permata Indah terpaksa duduk diperingkat keempat (lagi) setelah ditundukkan Felda United Malaysia pada perebutan peringkat ketiga.

Perjalanan klub Futsal Indonesia di turnamen antarklub se-ASEAN ‘selalu’ meraih peringkat keempat. Ada apa gerangan? Terbaru, SKN Kebumen yang merupakan runner up Pro Futsal League 2018 menjadi klub keempat yang berkancah di Piala AFF futsal antarklub tersebut.

SKN yang lolos ke babak semifinal harus tertakluk 4-6 dari tim futsal perwakilan Australia, East Coast Heat pada Jumat (20/07). Tim asal Jawa Timur itu akan melanjutkan sisa pertandingan pada perebutan peringkat ke-3 melawan tim perwakilan Myanmar, MIC.

Lalu, bagaimana peluang Farhan Rizky dan koleganya untuk berhasil menduduki diperingkat ketiga? Tentu saja menang merupakan harga mati untuk skuat asuhan Deny Handoyo. Demi mengamankan gelar ketiga, SKN harus bisa menundukkan MIC (Myanmar) yang akan digelar di GOR UNY, Sabtu (21/7).

Namun, tak semudah itu SKN bisa mengalahkan MIC. Fakta, klub futsal asal Myanmar merupakan tim langganan yang selalu finish diperingkat ketiga semenjak tahun 2015 dan 2016. Ini merupakan tugas berat untuk mengembalikan mental M. Iksan dan kawan-kawan setelah kalah dari East Coast Heat.

Lalu, bagaimana menurut kalian? Apakah SKN akan mencatatkan cerita baru sebagai peringkat ketiga untuk pertama kalinya atau tim perwakilan Indonesia kembali ‘gigit jari’? Kita tunggu saja dipertandingan hari ini.

Baca juga:
Dari Indonesia Futsal League Sampai Pro Futsal League
Liga futsal Indonesia atau Pro Futsal League (PFL) telah bergulir hingga saat ini. PFL merupakan kelanjutan...
On This Day : Menang Dramatis, Pelindo Rajai Piala AFF Futsal Club Edisi Perdana
IPC Pelindo berhasil memastikan diri keluar sebagai juara ajang AFF Futsal Club Championship 2015 setelah...
Timnas Futsal Indonesia : Antara Pesimis dan Kejutan
Oleh : Bayu Qolyubi AFF Futsal Championship 2018 tinggal menghitung beberapa hari lagi. Tentunya juga...
Perkenalkan! Empat Tim Lawan Blacksteel di AFF IFCC
Usai menjadi juara Profesional Futsal League (PFL) 2016, Blacksteel Manokwari akan mengikuti kompetisi...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password