AFC Women’s Futsal 2018: Komentar Citra Adisti dan Novita Murni Soal Debut Kemenangan Atas Hongkong

AFC Women’s Futsal 2018: Komentar Citra Adisti dan Novita Murni Soal Debut Kemenangan Atas Hongkong

Oleh: Annasa Fajar Gumilang

Tim Nasional (Timnas) Futsal Putri Indonesia mengawali debut manis pada gelaran AFC Women Futsal Championship 2018 dengan kemenangan atas Timnas Putri Hongkong. Ini pertama kalinya Srikandi Futsal Indonesia berlaga pada kompetisi futsal wanita terbesar di Asia tersebut.

Dalam pertandingan pembuka yang digelar pada Rabu (03/05) di Bangkok itu, Timnas berhasil menggungguli Hongkong dengan skor 2-0. Dua gol Indonesia dicetak oleh Febriana Kusuma dan Fitri Rosdiana melalui proses yang sama yaitu dengan Counter Attack cepat.

Sebenarnya Hongkong di awal babak lebih menguasai pertandingan, namun tim Indonesia yang dipimpin oleh kapten Novita Murni ini tampil sangat percaya diri, sehingga mereka dapat mengimbangi para pemain Hongkong yang memiliki postur yang tinggi. Baru pada babak kedua pemain Indonesia bisa memanfaatkan kesalahan passing lawan dan melakukan Counter cepat dan mencetak dua gol kemenangan.

Menurut Novita kemenangan timnya ini berkat berhasilnya penerapan strategi pelatih anyar Kensuke Takashi meski masih ada beberapa kesalahan yang masih terjadi.

“Strategi pelatih cukup berjalan walaupun terkadang ada beberapa kesalahan tapi itu tidak menjadi kendala untuk kita meningkatkan percaya diri melawan Hongkong tadi. Strategi pergantian pemain pun menjadi nilai lebih untuk kita karena beberapa moment setelah pergantian kita bisa menciptakan peluang dan akhirnya bisa menciptakan gol,” ujar sang kapten kepada wartawan.

Foto : FFI

Tidak hanya Novita, kiper Timnas Citra Adisti juga berpendapat sama. Strategi pelatih cukup berhasil kala menghadapi pemain-pemain berpostur tinggi dan tembakan yang keras milik Hongkong. Citra pun mengungkapkan sepanjang laga dirinya dituntut untuk selalu fokus sebagai penjaga gawang.

“Sebagai penjaga gawang, dituntut untuk tetap fokus karena Hongkong memiliki postur yang tinggi-tinggi dan memiliki shooting yang keras. Jadi dari awal sampe akhir jangan sampai lengah saja. Cukup berat memang pertandingan tadi, karena postur kita kalah. Untung strategi saja pelatihberhasil,” kata kiper yang tampil gemilang itu.

Pertandingan ini juga menjadi pertama kalinya pelatih Kensuke Takashi mengomandoi Timnas Indonesia pada pertandingan resmi. Ditanya mengenai kesulitan atau tidak menyerap intstruksi pelatih, Citra mengungkapkan sampai dengan saat ini masih berjalan lancar. Hanya saja sedikit terhambat karena harus melalui perantara translator terlebih dahulu.

“Sejauh ini cukup baik cukup berjalan baik. Hanya komunikasi ketika di lapangan saja agak terhambat karena harus melalui translator terlebih dahulu,” ungkap kiper Kebumen Angels itu.

Laga selanjutnya Indonesia akan menghadapi tuan rumah Thailand besok Jumat (04/05) di Hua Mak Indoor Stadium, Thailand. Semoga kemenangan atas Hongkong bisa menjadi modal awal dan motivasi untuk menghadapi laga melawan tim Gajah Putih.

Semangat Indonesia!

Annasa Fajar Gumilang

 

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Pernah Jadi Atlet Voli, Cerita Citra Adisti Sebelum Jaga Gawang Timnas Futsal Putri
Oleh: Muhammad Ainurfalah Citra Adisti tidak menyangka, ternyata takdirnya berada di bawah mistar...
25 Tips dan Strategi Futsal (Part I)
Futsal terlihat seperti sebuah permainan yang sederhana. Namun pada kenyataannya bermain secara sederhana...
Inilah Pembagian Grup dan Jadwal Piala AFF Futsal 2015
2 hari lagi AFF Futsal Championship 2015 akan dimulai. Turnamen se ASEAN tersebut akan digelar di Bangkok...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password