Jangan Mau Jadi Kapten!

Jangan Mau Jadi Kapten!

Oleh: Ivan Cahyadi (Ex Harimau Rawa Riau, Jaya Kencana United, Pingdus FC, Electric PLN dan Timnas Indonesia)

Dalam olahraga beregu dibutuhkan satu sosok pemain yang bisa  mengatur temannya di dalam dan luar lapangan. Pemain yang ditunjuk langsung oleh pelatih untuk mewakili aspirasi yang ada pada teman – temannya. Pemain ini biasanya dipilih oleh pelatih karena dia memiliki jiwa pemimpin atau memiliki ‘jam terbang’ lebih baik. pemain yang harus jadi panutan bagi pemain lain, bukan untuk ditakuti tetapi untuk disegani. Pemain tersebut adalah CAPTAIN.

Selama berkarir di sepakbola dan futsal entah mengapa beberapa pelatih menunjuk saya jadi captain, awalnya memang sangat bahagia tetapi seiring berjalannya waktu menjadi captain itu menyeramkan dan saya tidak menginginkannya!

Mungkin banyak yang berfikir jadi captain itu adalah hal yang membanggakan, menyenangkan dan populer, tetapi tidak bagi saya. Ditunjuk jadi captain adalah menyeramkan, anda dituntut harus bersikap bijak dalam segala permasalahan yang ada di dalam tim. Masuk kedalam semua golongan yang ada di dalamnya, beretika baik dan menjadi contoh bagi pemain lain. Tetapi sayangnya beberapa orang ditunjuk menjadi captain kurang menjalankan amanah dengan baik, captain dianggap sebuah jabatan yang patut dibanggakan. Sehingga rasa ingin selalu dihargai menjadi lebih tinggi dibandingkan membawa tim menuju perubahan yang baik dan menyatukan visi para pemain.

Berikut saya jabarkan beberapa point mengapa menjadi captain itu menyeramkan!

Harus jadi Panutan

Sebagai captain kita harus menunjukan sikap dan perilaku yang baik selama didalam dan luar lapangan, sikap kita adalah contoh untuk para pemain lain. Belum lagi jika ada anak muda didalam tim tersebut, kita harus benar – benar menjaga sikap bukan untuk ditakuti tetapi disegani. Tetapi dengan adanya tuntutan ini jangan menjadikan kita orang yang palsu, tetapi harus tetap apa adanya sesuai dengan karakter diri sendiri! Menyulitkan memang, terlebih banyak orang yang sudah tau jika kita termasuk orang yang sangat suka bercanda.

Amanah dan Adil

Salah satu bagian sulit yang lainnya adalah amanah dan adil. Banyak pemain setelah menjadi captain justru bersikap seenaknya, merasa diri sebagai pemimpin menjadikan kita lupa diri bahwa jabatan itu semata – mata hanya untuk penyambung lidah antara pemain dan pelatih, bukan karena kemampuan kita lebih baik dari yang lainnya. Inilah terkadang yang membuat beberapa orang menjadi egois setelah ditunjuk menjadi captain. Belum lagi jika ada teman satu tim berkelahi atau memberikan laporan bahwa mereka tidak suka satu sama lain. Adil adalah hal yang wajib dimiliki, tidak boleh ada keberpihakan dalam mengambil keputusan. Captain akan disegani jika disetiap masalah yang datang selalu bersikap adil dan bisa kembali mencairkan suasana.

Cepat Beradaptasi

Ketika menjadi captain kita harus mengetahui berbagai macam karakter rekan satu tim. Mencari cara bagaimana masuk kedalamnya, karena sebagai seorang captain kita harus bisa masuk kesemua golongan dan karakter para pemain. Ada yang terbiasa semalaman mendengarkan musik, merokok dipojok – pojok ruangan, suka bercanda bahkan pendiam. Captain harus bisa diterima dalam semua golongan, pintar menempatkan posisi yang bahkan bukan karakter dirinya. Karena tidak semua pemain kamu bisa perlakukan sama, ada yang dengan tegas lalu dia mengerti atau dengan lembut baru dia bisa mengerti. Sulit memang tetapi dirimu sudah dinilai mampu oleh pelatih, banyak yang berhasil tetapi banyak juga yang gagal dalam menjalankan tugas.

Bertanggung Jawab

Seorang pemimpin harus bisa mempertanggung jawabkan apa yang telah dilakukannya, termasuk kepada hasil pertandingan apabila mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Tidak hanya pelatih yang bertanggung jawab tetapi captain juga harus menjadi benteng pertama yang bertanggung jawab terhadap mental rekan – rekannya. Terlebih ketika dipertandingan semua pemain tertuju kepada semangat juang pemimpinnya, ialah orang yang harus bisa membangkitkan semangat juang teman – teman lainnya. Selain itu ketika permasalahan terjadi antara pemain dan menajemen mengenai hak – hak yang belum dilunasi oleh manajemen. Captain menjadi penyambung lidah dari aspirasi pemain kepada pelatih juga kepada manajemen, bukan karena dirimu‘mata duitan’ tetapi hak rekanmu adalah salah satu kewajiban yang harus dipertanyakan jika tidak ada kejelasan.

Oleh sebab itulah tanggung jawab sebagai captain itu sangat berat bukan hanya sekedar karet ban di lengan kanan atau kiri bertuliskan C, atau update sosial media berharap jumlah like yang banyak. Jalankanlah kepercayaan pelatih yang telah diberikan, karena begitu namamu disebut sebagai captain maka detik itu pula lah kamu harus bisa menjadi seseorang yang disebutkan diatas.

Tidak semua pemain akan menyukaimu tetapi jika kamu melalukannya dengan segenap kemampuan untuk memimpin rekan – rekanmu untuk terus maju, menyatukan satu visi serta solid dalam satu kesatuan tim, bukan tidak mungkin dirimu akan terus dihormati dan disegani meskipun sudah tidak berada di atap yang sama. Dengan segala tugas berat yang sudah menanti, apakah yakin masih mau jadi captain? Think!

Foto: @ivancahyadi

Baca juga:
7 Cara Asyik Menikmati Pertandingan PFL 2016
Kabar gembira bagi pencinta futsal tanah air, tak lama lagi gelaran Pro Futsal League (PFL) 2016 akan...
Dari Indonesia Futsal League Sampai Pro Futsal League
Liga futsal Indonesia atau Pro Futsal League (PFL) telah bergulir hingga saat ini. PFL merupakan kelanjutan...
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Peranan Penting Supporter Untuk Pemain
Oleh: Ivan Cahyadi (Ex Harimau Rawa Riau, Tifosi Baskhara, Jaya Kencana United, Pingdus FC, Electric...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password