Nyeri Otot Saat Futsal? Ini Solusinya

Nyeri Otot Saat Futsal? Ini Solusinya

Pernahkah kamu merasa sakit badan seletah bermain futsal? Bisa jadi kamu mengalami nyeri otot. Nyeri otot biasanya muncul satu atau dua hari setelah bermain futsal.

Nyeri otot dapat muncul ketika sebelumnya otot tidak cukup intens digerakkan, kemudian melakukan perubahan rutinitas yang meningkatkan pergerakan menjadi intens. Seperti jika sebelumnya sudah lama tidak bermain futsal. Lalu ketika pertama bermain futsal kembali, nyeri otot akan terasa setelahnya. Atau jika biasanya berlatih passing dengan kaki kanan, lalu mengganti materi latihan menjadi passing menggunakan kaki kiri. Pemain biasanya merasakan nyeri otot di bagian kaki kiri.

Tapi jangan khawatir, nyeri otot bukanlah hal yang perlu ditakuti. Nyeri otot merupakan bagian dari proses adaptasi untuk meningkatkan stamina otot pasca pemulihan. Rasa sakit akan berkurang jika terbiasa melakukan latihan.

Untuk membantu memulihkan nyeri otot. Kamu bisa mengkonsumsi vitamin E, glutamine, dan teh. Jika nyeri sangat terasa, istirahatkan otot untuk sementara. Kamu juga bisa melakukan renang untuk membantu meringankan nyeri otot. Tetapi kamu masih dapat tetap berlatih walaupun dengan keadaan nyeri otot.

Nyeri otot juga dapat dicegah. Yaitu dengan melakukan latihan secara bertahap agar otot lebih mudah beradaptasi dengan aktifitas baru. Yang terpenting adalah jangan lewatkan peregangan dan pemanasan sebelum bermain futsal.

Levina Maharani

Baca juga:
Berlatih di Rumah! Ini Gerakan Dribble Yang Bisa Dilakukan
Mengasah kemampuan bermain futsal tak melulu mesti dilakukan di lapangan. Ada beberapa teknik yang bisa...
Tips Tidak Mudah Lelah Saat Futsal
Kita semua tentunya pernah mengalami rasa lelah saat bermain futsal. Kelelahan saat bermain futsal menjadi...
Mempercepat Penyembuhan Memar
Bagi sebagian orang, memar bukanlah hal yang mengganggu. Tetapi terkadang memar dapat mengganggu jika...
Sering Mengantuk? Futsal Saja!
Jika kamu sering merasa ngantuk saat bekerja, kuliah, atau sekolah, hal ini tentunya amat mengganggu...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password