6 Peran Penting Seorang Anchor Dalam Futsal

6 Peran Penting Seorang Anchor Dalam Futsal

Oleh: Rafi Sansatila

Indonesia banyak melahirkan Anchor bertalenta mulai dari Sunny Rizky Suhendra, Rio Pangestu Putra, Marvin Alexa Wossiry, hingga yang terbaru Anchor andalan timnas futsal u20 Muhammad Rizki Xavier.

Defense yang kuat, pengambilan keputusan yang tepat, passing yang akurat, serta ketenangan yang dimiliki seringkali menuai pujian dari pecinta futsal tanah air. Ingin tahu peran penting apa saja yang dilakukan oleh para pemain bintang seperti mereka? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menjaga Pertahanan Tim

Peran Anchor yang pertama adalah menjaga pertahanan. Bisa dibilang ini merupakan tugas utama seorang anchor, karena memang pada dasarnya anchor adalah pemain bertahan dalam sebuah tim futsal. Maka dibutuhkan skill bertahan yang cukup kuat, baik dari segi positioning maupun duel individu.

2. Mengatur serangan

 Anchor merupakan pemain kedua yang memulai serangan setelah penjaga gawang. Seorang anchor harus memiliki pandangan yang luas dalam membangun serangan serta passing yang akurat, agar serangan tersebut efektif sehingga bisa membuahkan gol bagi tim tersebut.

3. Mengatur Tempo Permainan

Dalam sebuah tim, harus ada seorang pemain yang mampu berinisiatif untuk mengatur tempo pertandingan. Seringnya peran ini dimainkan oleh seorang anchor, sebagai pemain yang memiliki peran sentral dalam mengatur serangan. Oleh karena itu seorang anchor harus jeli untuk mengetahui kapan saatnya memperlambat ataupun mempercepat tempo permainan.

4. Memberi Komando

Sebagai pemain berposisi paling belakang yang dapat melihat semua situasi di setiap sisi lapangan, anchor biasanya menjadi pemain yang paling ideal untuk melakukan komunikasi guna memberikan informasi dan instruksi kepada rekan-rekannya. Komunikasi seperti ini penting saat membangun serangan, tapi lebih penting lagi saat tim sedang bertahan.

5. Memberikan ketenangan bagi pemain lainnya

Peran penting anchor selanjutnya adalah memberikan ketenangan bagi pemain lainnya. Dalam futsal ketenangan merupakan bagian penting dari seorang pemain, mengingat penyerangan yang tidak efisien dapat berakibat fatal bagi tim karena bisa melahirkan serangan balik bagi tim lawan.

6. Menguasai skema dalam bertanding

Bagi anchor, menguasai situasi dalam sebuah pertandingan adalah suatu kewajiban. Pasalnya, dalam sebuah pertandingan pelatih pasti menyiapkan sebuah skema baik bertahan maupun serangan. Biasanya pelatih sendiri memberikan tugas yang cukup spesial bagi seorang anchor yaitu menguasai situasi agar skema yang diinginkan pelatih dapat berjalan sesuai kemauan.

 

Baca juga:
Indonesia di AFF Futsal Championship 2017, Optimis atau Pesimis?
Kemampuan Indonesia Mengatasi Ketegangan di Laga Pembuka Munculnya duet andalan baru, Subhan-BBS ...
Rio Pangestu: Dari PON Hingga Calon Bintang Masa Depan Futsal Indonesia
Pro Futsal League (PFL) 2017 tengah bergulir sejak 4-5 Februari  2017 lalu. Persaingan sudah mulai sengit...
25 Tips dan Strategi Futsal (Part I)
Futsal terlihat seperti sebuah permainan yang sederhana. Namun pada kenyataannya bermain secara sederhana...
Pay-Team: Fenomena Jual-Beli Tim di Liga Pro Indonesia
Oleh: Alhimni Rushdi Februari 2016 menjadi bulan yang membahagiakan bagi sebagian masyarakat Indonesia,...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password