5 Peran Kunci Penting Dalam Futsal Menurut Ricardinho

5 Peran Kunci Penting Dalam Futsal Menurut Ricardinho

Ricardo Filipe da Silva Braga, atau biasa dikenal Ricardinho merupakan salah satu pemain bintang futsal asal Portugal yang kini bermain di Inter Movistar, klub Spanyol.

Ricardinho yang memiliki tinggi badan hanya 164 cm, memiliki keterampilan dengan aksi dribbling kaki kiri yang memukau serta memiliki insting gol sangat tinggi.

Ricardinho saat membela SL Benfica

Ricardinho saat membela SL Benfica

Ketika di usia 26 tahun, ia telah memenangkan UEFA Cup Futsal 2010 dan sepuluh piala domestik dengan SL Benfica. Dia juga menikmati karier di luar eropa ketika membela Nagoya Oceans di Jepang selama 3 musim.

Setelah melintang dari Negeri Samurai, pemain tim Nasional Portugal itu juga merasakan atmosfer dingin di Rusia bersama CSKA sebelum dirinya kembali ke Benfica pada Januari 2012. Hingga sekarang, Pemain kidal itu berseragam Inter Movistar, Spanyol.

Ricardinho berseragam Inter Movistar, Spanyol

Ricardinho berseragam Inter Movistar, Spanyol

Ketika ditanyai,apa kunci kesuksesan karir dunia futsal anda sampai sekarang ini? Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut mengatakan memiliki 5 kunci yaitu :

Kaki cepat, kepala cepat

“Kemampuan utama yang dibutuhkan pemain futsal adalah kemampuan untuk berpikir dengan cepat dan mengeksekusi dengan cepat. Itulah yang membuat perbedaan. Ada pemain-pemain yang memiliki teknik yang baik dan ada yang mampu bertahan dengan baik. Namun, jika mereka tidak mampu berpikir dan mengeksekusi dengan cepat, biasanya mereka tidak akan mampu mengalahkan lawannya. Itulah kualitas terhebat.”

Dukungan Kaki dan Puncak Kebugaran

“Karena lapangan yang kecil, stamina sering disepelekan. Tapi dalam futsal banyak gerakan berhenti mendadak, perubahan arah gerakan dan akselerasi explosif. Anda harus berlatih untuk mendapatkan kaki yang kuat dan keadaan fisik yang baik. Anda harus menjadi lebih baik secara fisik dan juga memiliki skill yang lebih baik. Baru kemudian ada kemungkinan Anda akan punya kelebihan.”

Melewati Tantangan

“Sekarang tidak ada lagi ‘pengangkut-air’ di futsal – pemain yang hanya memberi umpan kepada rekan setim nya. Kini semakin dibutuhkan kualitas passing yang baik. Dalam sebuah pertandingan, Anda akan melihat lebih dari 500 umpan per tim, jadi Anda harus percaya diri dan memiliki kemampuan yang baik dalam umpan jarang dekat dan jarak jauh, Anda harus selalu membidik kesempuraan.”

Serangan dan pertahanan

“Saya ingat seseorang memberitahu Joel Queiros – salah satu pemain top Portugal – bahwa dia akan dikenal sebagai striker yang hebat tapi tidak akan berprestasi sebagai pemain Internasional jika dia tidak ikut bertahan.  Untuk bertahan, Anda membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi, positioning yang baik dan kemampuan untuk mengantisipasi pergerakan. Anda harus berpikir seperti lawan Anda – harus tau kemana dia akan bergerak. Dalam penyerangan, lebih mengandalkan improvisasi. Mencetak gol membantu Anda untuk menangm namun ada sebuah tim yang bekerja keras di belakang pencetak gol dan terkadang.”

Kepekaan taktikal

“Futsal kini menjadi semakin mengandalkan taktik. Anda jarang menemukan skor 10-2 lagi. Tim-tim telah menjadi lebih baik secara taktikal dan perbedaan diantara mereka sudah tidak besar lagi. Teknik individu bisa memberi perbedaan tapi begitu juga aspek taktikal dan strategi pada situasi bola mati. Sebagai persentase, mungkin saya menilai pentingnya taktik sebesar 60% dan Anda harus melatih itu dalam latihan.”

Itulah kelima kunci kesuksesan dalam bermain futsal menurut Ricardhinho, semoga bermanfaat!

Baca juga:
Here is Ricardinho’s 5 Secret to Success in Futsal
Ricardo Filipe da Silva Braga, or more commonly known as Ricardinho, is a Portugese futsal star currently playing...
Piala Dunia Futsal Colombia 2016: Ajang Pemain Bertabur Bintang
Sekitar 336 pemain akan berjuang sekuat tenaga mewujudkan mimpi mereka untuk menjadi Juara di Piala...
Inilah Pembagian Grup dan Jadwal Piala AFF Futsal 2015
2 hari lagi AFF Futsal Championship 2015 akan dimulai. Turnamen se ASEAN tersebut akan digelar di Bangkok...
Inilah Pembagian Grup Piala Dunia Futsal Wanita 2015
Ajang turnamen besar Piala Dunia Futsal Wanita untuk ke-6 kalinya siap bergulir di Guatemala pada 24-29...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password