25 Tips dan Strategi Futsal (Part 2)

25 Tips dan Strategi Futsal (Part 2)

Futsal merupakan olahraga yang bertempo cepat, situasi dalam lapangan dengan cepat dapat berubah. Dalam pertandingan futsal, silih berganti serangan sering kita jumpai. Pemain harus terus dalam kondisi fokus dan cepat dalam menganalisa situasi.

Untuk itu pemahaman mengenai strategi futsal sangat dibutuhkan. Pemain yang baik tidak hanya tajam dalam mencetak angka, namun juga harus sigap dalam bertahan. Jika sebuah tim hanya berisikan pemain yang handal menyerang, keamanan gawang akan sangat rentan. Sebaliknya, bila hanya berisi pemain dengan kemampuan bertahan, tim akan sulit menciptakan gol yang merupakan penentu hasil akhir pertandingan.

5-a-side-Futsal-Defending-Stance-2

Foto: 5aside

Pada artikel 25 tips dan strategi futsal part 1 telah membahas apa yang kamu harus lakukan saat menyerang. Untuk melengkapi gudang strategi kamu, artikel part 2 ini akan menyajikan tips dalam bertahan.

Berikut tips untuk meningkatkan kemampuan bertahan anda:

Tips bertahan

17. Agresif. Lawan tidak berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankan bola. Begitupun anda juga berusaha sebisa mungkin merebut bola dari penguasaan lawan. Bertahan lebih mengutamakan sikap dibanding teknik. Tanamkan pada diri anda untuk berusaha merebut bola dengan seluruh kemampuan anda dan menjadi pemain paling tangguh saat bertahan dalam tim.

18. Kuat saat menyergap bola. Sergap bola saat pemain lawan tidak menguasai bola dengan baik, tapi kamu perlu perhatikan kecermatan dalam menyergap bola. Sergap dengan cerdas bukan dengan brutal.

19. Jangan beri waktu lawan berpikir. Buat jarak penjagaan kamu sekitar setengah meter dari lawan, agar mempersempit waktu berpikir lawan. Jangan tergesa gesa untuk mencuri bola, saat penguasaan bola tidak seimbang segera lancarkan gerakan mencuri bola.

20. Hindari kehilangan pandangan terhadap bola dan lawan. Posisikan badan kamu dalam posisi yang membuat mampu mengawasi bola dan pergerakan lawan dalam satu pandangan. Dalam keadaan bertahan, pandangan sangat penting. Tentu kamu tidak mau lawan lolos dari pengawasan anda dan mencitpakan gol.

21. Arahkan lawan. Dalam bertahan jangan biarkan lawan menerobos celah dengan mudah. Selalu arahkan pemain yang memegang bola kearah sisi lapangan. Posisi ini lebih menguntungkan bagi pertahanan karena jaraknya yang dekat garis out, saat situasi genting anda dapat mengamankan bola keluar lapangan.

22. Tidak ada kata istirahat dalam bertahan. Pemain harus terus waspada karena lawan akan mencari celah untuk mencetak angka.

23. Menghadapkan pandangan kedepan. Saat kembali kepoisis bertahan, semua pemain harus segera menghadapkan pandangan kedepan Pemain lawan akan sulit menerobos pertahan bila bola berada pada wilayah pandangan pemain bertahan.

24. Jaga lawan terdekat. Bila lawan yang anda jaga bergerak menuju wilayah pertahan rekan tim anda, berbicaralah untuk meminta pergantian penjagaan lawan. Strategi ini sangat efesien saat menghadapi tim yang aktif dalam pergerakan tanpa bola.

25. Komunikasi. Kuatkan pertahan dengan komunikasi antar pemain saat bertahan.

Nah, 25 tips dan strategi diatas (dengan sedikit perubahan) berasal dari “FUTSAL: technical and tactical concept” karya Dr. Daniel Berdejo-Del-Frenso, Jhonathan Steel, dan David Jennings.

Semoga artikel ini dapat membantu mengembangkan kemampuan serta menambah pemahaman anda mengenai futsal. Ikuti terus Futsal Zone Indonesia, masih ada tips – tips bermanfaat lainnya.

Harri Fajri

Sumber: http://www.5-a-side.com/

Baca juga:
Inilah Pembagian Grup dan Jadwal Piala AFF Futsal 2015
2 hari lagi AFF Futsal Championship 2015 akan dimulai. Turnamen se ASEAN tersebut akan digelar di Bangkok...
25 Tips dan Strategi Futsal (Part I)
Futsal terlihat seperti sebuah permainan yang sederhana. Namun pada kenyataannya bermain secara sederhana...
7 Cara Asyik Menikmati Pertandingan PFL 2016
Kabar gembira bagi pencinta futsal tanah air, tak lama lagi gelaran Pro Futsal League (PFL) 2016 akan...
Ranking Futsal Indonesia Menurun
Ranking futsal Indonesia kali ini harus puas turun ke peringkat 50. Pada sebelumnya, Indonesia sempat...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Lost Password